2014-03-17 10:40:01

Oleh:

Drs. Rudi Hariyono, M.Pd,

Widyaiswara BDK Surabaya

Abstrak

 

Peningkatan KompetensiPengelolaan Pembelajaran  Bagi Widyaiswara melalui Inservice Trainingdi Balai Diklat Keagamaan Surabaya tahun 2013. Tujuan dalam penelitian ini untuk mencari adanya peningkatan  kompetensi pengelolaan pembelajaran bagi widyaiswara melalui inservice training  di Balai Diklat Surabaya  dengan menekankan pembelajaran andragogi bagi widyaiswara.

Metode yang digunakan dalam  penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif diskriptif yaitu dengan mengkumpulkan data/sumber  melalui hasil penilaian peserta sebelum dan sesudah  dilaksanakan inservice training setelah itu diadakan verifikasi sumber serta triangulasi sumber, hasil pembahasan dijelakan secara diskriptif naratif.

Hasil dari penelitian didapatkan adanya peningkatan yang signifikan kompetensi pengelolaan pembelajaran bagi widyaiswara melalui inservice training di Balai Diklat Keagamaan Surabaya yang dilakukan kepada tiga puluh responden.

Widyaiswara sebagai pengemban utama dalam proses pembelajaran  pada diklat dituntut selalu mengembangkan potensi dirinya baik secara substantif maupun secara metode, inservice training sebagai salah satu model dalam memberikan pelatian jabatan kiranya dapat dijadikan sebagai cara untuk meningkatkan kompetensi dilingkungan instansi kediklatan lebih khusus kompetensi widyaiswara.

Kata kunci : Komptensi, widyaiswara, Pengelolaan pembelajaran, inservice Training, Balai Diklat Keagamaan Surabaya.

Lihat Artikel Lengkap