Berita


Redaktur Web
2018-10-02 12:49:43
PESERTA DIKLAT CALON PENGAWAS ANGKATAN II IKUTI STUDY LAPANGAN KE SMPN 5 SIDOARJO

BDKSURABAYA – Study lapangan menjadi rangkaian proses kediklatan yang harus diikuti oleh peserta diklat. Dengan study lapangan, diharapkan peserta diklat lebih memahami materi  diklat dan mampu mengaitkan teori yang diperoleh dengan praktik di sekolah. Study lapangan peserta Diklat Calon Pengawas Pendidikan Agama Angkatan II dengan fokus praktik supervisi akademik untuk kali ini  dilaksanakan di SMPN 5 Sidoarjo (02/10/2018).


Kunjungan peserta diklat tersebut langsung diterima kepala SMPN 5 Sidoarjo, Siti Lathifah. Dalam sambutannya ia menjelaskan  tentang profil sekolah, termasuk sejarah, visi misi dan  kemajuan yang dicapai sekolah.  Ia juga menyatakan  kegembiraan dan kesediannya karena mendapat kunjungan dari peserta diklat Calon Pengawas dari beberapa daerah di Jawa Timur.


Sementara itu  sambutan perwakilan dari Balai Diklat Kegamaan Surabaya, Sholehuddin menyampaikan terima kasih kepada kepala SMPN 5 Sidoarjo karena telah diberi kesempatan untuk bekunjung. SMPN 5 menurutnya tidak asing lagi baginya karena salah satu guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 5 adalah mahasiswanya di perguran tinggi. Ia menyampaikan bahwa tujuan peserta diklat berkunjung ke SMPN 5 Sidoarjo adalah untuk menggali informasi berkaitan dengan kemajuan dan prestasi sekolah sekaligus praktik supervisi akademik.


Penggalian data dalam study lapangan tersebut menggunakan teknik wawancara dengan kepala sekolah dan guru PAI serta observasi langsung ke kelas untuk melihat proses pembelajaran.


Beberapa peserta yang dimintai komentarnya menyatakan bahwa mereka merasa puas dengan kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut cukup  membantu peserta dalam memahami lebih dalam tentang supervisi akademik. (AF).