Berita


PBSDP
2017-08-31 10:16:57
SEJUMLAH 210 PENYULUH NON PNS AKAN IKUTI DIKLAT

BDKSURABAYA.kemenag.go.id -  Penyuluh agama di 6 daerah ( Bojonegoro, Tuban, Magetan, Ngawi, Siidoarjo dan Surabaya)   akan mengikuti  dikklat di daerah masing-masing, tepatnya  di  Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat.  Kegiatan tersebut direncanakan akan dilaksanakan mulai 4 September mendatang dan akan berakhir 10 September 2017. Pada tiap daerah akan diikuti oleh 35 peserta sehingga total peserta berjumlah 210 orang.







Para penyuluh tersebut akan mendapatkan materi kepenyuluhan yang terdiri dari materi dasar, inti dan penunjang. Untuk materi dasar berisi tetang materi kebijakan kemenag di bidang kepenyuluhan,  seperti  Peningkatan Kualitas Pembangunan Bidang Agama, Peningkatan Kualitas Penyuluh Agama non PNS, dan Peningatan Kualitas Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan.  Materi tersebut disampaikan oleh pejabat di Kemenag dan Balai Diklat Keagamaan Surabaya. 







Untuk materi inti  kepenyuluhan yang disampaikan oleh widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya  terdiri dari  Overview Penyuluh  Agama Non PNS, Wawasan Kebangsaan, Revolusi Mental, Komunikasi Penyuluhan Agama, Kerukunan Umat Beragama, Tugas dan Fungsi Penyuluh Agama Non PNS dan  Materi Substansi Agama (Wawasan Al Quran dan Al Hadits).







Sedangkan materi penunjang terdiri dari Pre Test, Post Test, BLC (Building, Learning and Commitment), Pengarahan Program, Evaluasi Program dan Rencana Tindak Lanjut.  Semua materi tersebut akan disampaikan dengan pendekatan  andragogi dengan teknik role palying, diskusi, ceramah dan pemberian tugas. (AF).