Berita


Redweb
2018-05-09 21:00:32
DELAPAN PULUH PESERTA DIKLAT LATSAR IKUTI MATERI DARI  SEKRETARIS BADAN LITBANG DAN DIKLAT  KEMENAG

BDKSURABAYA – Peserta Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III di Balai Diklat Keagamaan Surabaya  yang berjumlah 80 orang menerima materi  dari Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Rohmat Mulyana Sapdi (09/05/2018). Materi tersebut menjadi materi  dasar dalam kurikulum diklat Latsar.


Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Badan menjelaskan bahwa  kemampuan menulis bagi seorang dosen sangatlah dibutuhkan karena hal tersebut  menjadi bekal untuk merealisasikan   Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu salah satunya melakukan penelitian dan pengembangan. Utuk melakukan penelitian dan pengembangan, maka  kemampuan menulis menjadi hal yang sangat essensial karena hasil penelitian akan dituangkan dalam  bentuk karya ilmiah yang bisa dibaca oleh  orng lain.


Kemampuan menulis menurutnya bukanlah sekedar mengumpulkan, mengutip dan menyalin  pendapat orang lain  secara langsung namun bagaimana memparafrasekan atau membahasakan sendiri referensi yang ada menjadi sebuah paragraf yang  bisa dipahami oleh pembaca, selanjutnya dikaitkan dengan ide-ide  hasil pokok pikiran sendiri. Karenanya, tulisan yang baik bukanlah ditentukan dari banyaknya  kutipan referensi  karena tulisan bukanlah kumpulan dari referensi namun lebih pada sebuah aktualisasi pemikiran diintegrasikan dengan referensi yang sudah ada dalam memecahkan sebuah permasalahan.


Materi yang disampaikan oleh Sekretaris  Badan tersbut sangat relevan dengan tugas-tugas yang akan dihadapi peserta diklat yang notabene sebagai seorang dosen di perguruan tinggi yang berasal dari  7 PTIN se-Jawa Timur.


Direncanakan peserta diklat yang  telah masuk sejak 30 April tersebut akan menuntaskan  pembelajaran  hingga 2 Juni mendatang, Selanjutnya  mereka akan kembali ke tempat kerja, melaksanakan program aktualisasi dan  masuk kembali ke Balai Diklat Keagamaan Surabaya pada 9 sd. 11 Oktober 2018.(AF).