Berita


PBSDP
2017-12-19 14:04:54
PENGUMPULAN DATA DALAM EVALUASI PASCA DIKLAT GUNAKAN WAWANCARA DAN OBSERVASI

BDKSURABAYA.kemenag.go.id -  Pengumpulan data dalam evaluasi pasca diklat yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Surabaya mulai 14 Desember lalu menggunakan teknik  wawancara dan observasi, di samping daftar pertanyaan  yang diisi oleh informan. Informan pada kegiatan tersebut adalah atasan langsung dari alumni diklat yang berada di unit kerja Kemenag. Penggunaan  teknik wawancara tersebut bertujuan agar diperoleh informasi yang mendalam tentang alumni diklat, kinerjanya dan  pemberdayaan alumni diklat setelah mereka mengikuti diklat.



Menurut Mamik Syafaah, widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya yang diberi tugas melakukan evaluasi pasca diklat di Kankemenag Kab. Bondowoso, teknik wawancara sangatlah tepat karena dengan teknik tersebut akan diperoleh informasi yang detail, akurat dan mendalam. Sedangkan observasi dilakukan untuk semakin meningkatkan validitas datanya. Karenanya menurutnya, dalam melakukan evaluasi, petugas harus aktif bertanya sampai data yang diinginkan bisa didapatkan.



Meskipun informan telah diberi instrumen yang berisi daftar pertanyaan yang harus diisi, petugas perlu menjelaskan kepada informan tentang maksud pertanyaan tersebut selanjutnya melakukan pertanyaan pendalaman kepada informan. Dengan cara seperti itu, menurut Mamik akan diperoleh data dan informasi yang berguna untuk analisis pada langkah selanjutnya. Hasil analisis tersebut  akan dipakai dalam proses pengambilan keputusan bagi pengelola diklat di BDK Surabaya, sehingga diklat di masa mendatang akan semakin bermutu dan memenuhi harapan stakeholder (AF).