Berita


Redweb
2018-01-08 11:33:05
TOHA; KEKUATAN LEMBAGA BUKAN DILIHAT DARI BANYAKNYA PEGAWAI  NAMUN KUALITASNYA

BDKSURABAYA – Banyaknya pegawai dalam sebuah lembaga, bukan berarti cerminan dari kekuatan lembaga, jika tidak diiringi dengan kualitas pegawainya. Karenanya, kualitas pegawai menempati urutan pertama dari kekuatan sebuah lembaga. Tanpa kualitas yang baik, sebuah lembaga hanya akan menjadi kumpulan atau penumpukan SDM yang justeru membebani lembaga. Demikian pandangan kepala BDK Surabaya, Muchammad Toha saat diwawancarai tentang  peran SDM dalam sebuah lembaga.(08/01/2018).



“Kekuatan lembaga  bukan dilihat dari banyaknya pegawai namun kualitasnya,” ujar Toha. Ia menyampaikan bahwa sebuah lembaga atau organisasi  akan meningkat kinerjanya jika didukung oleh kualitas pegawai yang memadai.  Lembaga yang besar idealnya diduung oleh SDM yang berkualitas.  Jika hanya mengandalkan kuantitas,  sangat dimungkinkan  banyaknya pegawai yang ada justeru akan menambah masalah baru, atau bahkan  menjadi penghambat bagi kemajuan lembaga, seperti timbulnya konflik yang berkepanjangan antar pegawai.



Menurut Toha, untuk meningkatkan kualitas pegawai  agar mampu menjalankan tugas dan fungsinya, maka perlu dianalasis gap kompetensi tiap-tiap individu, yaitu perbandingan antara  kompetensi yang seharusnya dimiliki dengan kompetensi yang ada saat ini.  Tiap pegawai tidak mempunyai masalah yang sama dalam hal kekurangan kompetensi yang dimiliki. Di samping tiap pegawai tugas dan fungsinya berbeda, mereka mempunyai kekurangan kompetensi yang memerlukan perlakuan yang berbeda.



Selanjutnya, setelah diketahui gap kompetensi, maka pegawai perlu ditingkatkan kompetensinya melalui  bentuk-bentuk pelatihan, seperti diklat, on the job training, coaching, pembelajaran kelompok atau bentuk-bentuk lain yang berfungsi untuk meningkatkan kompetensi pegawai. Bentuk pelatihan yang dipilih disesuaikan dengan jenis gap kompetensi yang dimiliki pegawai.(AF).