Berita


Redweb
2018-05-25 12:27:12
PESERTA DIKLAT AKIDAH AKHLAK SEMAKIN TERAMPIL DALAM MENGAJAR

BDKSURABAYA -  Setelah menjalani diklat selama 4 hari, terdapat perubahan mendasar terhadap cara  mengajar peserta diklat akidah akhlak. Mereka  lebih memahami bagaimana cara mengajar yang baik dan bisa diterima oleh siswa, mulai dari mengawali sampai mengakhiri pelajaran di kelas. Meskipun ada beberapa peserta yang tampak   masih menggunakan cara-cara lama dalam mengajar, namun secara rata-rata peserta telah mengalami peningkatan kompetensi dalam  mengajar. Demikian penjelasan Zubaidah, widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya, yang memberikan materi praktik mengajar.(25/05/2018).





Ia menjelaskan bahwa mengajar yang ideal  itu harus disesuaikan dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajran) yang ada. Sebelum mengajar guru diharapkan menyiapkan RPP terlebih dahulu. Dari RPP tersebut guru akan  menyampaikan pelajaran  agar terdapat peningkatan kompetensi pada siswa. RPP disusun dari Kompetensi inti, selanjutnya kompetensi dasar dari setiap pelajaran yang akan diajarkan.





Dalam pandangannya, ketika seorang guru mengajar  tanpa RPP maka pelajaran yang disampaikan kepada siswanya bisa saja tidak fokus pada tujuan pembelajaran. Atau guru hanya cerita tak berujung pangkal sehingga melupakan pokok bahasan yang sebenarnya harus ia sampaikan





 Pada materi praktik mengajar tersebut, setiap peserta diminta untuk mempraktikkan seperti halnya ketika mereka mengajar di kelas yang sesungguhnya. Sehabis praktik mengajar, para peserta mendapat ulasan dari Zubaidah mengenai sisi kelebihan dan kekurangannya. Diharapkan dengan praktik tersebut, terdapat peningkatan kualitas peserta ketika mengajar di kelas yang selanjutnya  akan berdampak pada peningkatan pemahaman siswa terhadap setiap pelajaran yang disampaikannya.(AF)