Berita


PBSDP
2017-09-05 14:52:03
PESERTA DIKLAT PENYULUH NON PNS DI NGAWI BERSEMANGAT IKUTI PROSES PEMBELAJARAN

BDKSURABAYA.kemenag.go.id- Diklat untuk Penyuluh Non PNS di Kankemenag Kab. Ngawi   yang diikuti  oleh 35 orang   begitu menyedot perhatian peserta. Mereka rata- rata bersemangat dalam proses pembelajaran  sehingga  suasana kelas terlihat hidup. Dalam mengikuti materi Komunikasi Penyuluhan Agama, setiap peserta diminta untuk mempergakan bagaimana ia melakukan penyuluhan. Praktik penyuluhan  yang dipaparkan oleh tiap peserta membuat peserta lain  semakin memahami bagaimana teknik  melakukan penyuluhan pada kelompok binaan.



Praktik penyuluhan yang diperagakan oleh Istighfarin, peserta yang mengambil spesialisasi Pemberantasan Buta Huruf Al Quran, membuat peserta lain menirukan ucapannya. Ia mempraktikkan cara membaca Al Quran berikut tajwidnya.  Ia menyatakan bahwa membaca Al Quran dengan benar sesuai dengan tajwid sangat penting bagi setiap muslim karena setiap sholat pastilah seorang muslim membaca surat dalam Al Quran. Apalagi sebagai laki-laki yang notabene sebagai imam dalam sholat. Maka belajar membaca Al Quran sesuai dengan tajwid menurutnya menjadi sebuah keharusan.



Selain Istighfarin, para peserta yang mempraktikkan penyuluhan begitu bersemangat. Mereka  memberikan penyuluhan sesuai dengan dengan bidangnya masing-masing. Beberapa dalil yang berkaitan dengan materi penyuluhan mereka ambil sebgai referensi dalam penyuluhan sehingga penyuluhan yang diberikan senantiasa berdasar pada acuan yang jelas. Dalil tersebut berujud ayat
Al Quran dan Al Hadits yang shohih. Meski mereka mempraktikkan penyuluhan di hadapan peserta lain, namun semua peserta bersemangat dan serius, seolah-olah mereka memberikan   penyuluhan kepada kelompok binaan. (AF).