Berita


Redaktur Web
2018-09-01 10:32:20
WAKHURI: JADILAH GURU YANG MENYENANGKAN

BDKSURABAYA – ‘Jadilah guru yang menyenangkan,” demikian pesan  Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kemenag Kab. Pacitan, Wakhuri ketika menutup Diklat Teknis Substantif  Penysunan RPP bagi Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kantor Kemenag Kab. Pacitan (01/09/2018).



Ia menjelaskan bahwa menjadi guru yang menyenangkan  adalah sebagai sebuah keharusan bagi guru.  Menurutnya  guru tidak hanya menyampaikan materi namun perlu  tampil sebagai guru yang selalu dinantikan siswanya. Proses pembelajaran di kelas diharapkan tidak membosankan bagi siswa sehingga  pelajaran yang disampaikan guru dapat terserap dengan baik.



Di samping itu, guru diharap  mempunyai tanggumng jawab  dalam mengajar. Tangung jawab tersebut ditunjukkan dengan  bagaimana seorang guru memandang profesinya sebagai guru. Seorang guru bertanggung jawab tidak hanya sekedar menjalankan tugas, dan mengajar namun akan mempunyai kepedulian terhadap kualitas pembelajaran di kelas.



Dalam pandangan Wakhuri, guru  madrasah sebaiknya  menyukai  aktivitas peningkatan ilmu pengetahuan  seperti diklat, workshop atau belajar mandiri. Semanagat untuk belajar dan  mengembangkan diri perlu senantiasa ada pada pribadi guru.



Pada akhir sambutannya, ia  menyampaikan bahwa  guru pada saat ini lebih makmur karena adanya tunjangan profesi. Besarnya tunjangan profesi tersebut perlu diimbangi dengan tanggung jawab dan kinerja guru. (AF).