Berita


Redweb
2018-01-05 10:31:11
ASN BDK SURABAYA: PNS SAAT INI DINTUNTUT BERKINERJA TINGGI

BDKSURABAYA.kemenag.go.id – Paradigma lama tentang sikap bekerja di lembaga pemerintah adalah menunggu perintah atasan,  sehingga PNS jaman dulu dilabeli masyarakat sebagai pegawai yang kurang produktif atau kinerjanya rendah. Image masyarakat tentang PNS pada saat itu adalah pegawai yang banyak waktu luang.



Namun saat ini tidaklah demikian. Saat ini PNS dituntut untuk berkinerja  tinggi, produktif dan penuh inisiatif. Tantangan pekerjaan sekarang ini sangatlah berbeda dengan  jaman dulu. Demikian rata-rata pernyataan Aparatur Sipil negara (ASN) Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya (05/01/2018)



Menurut Udin, ASN yang menangani pengadaan barang dan jasa, PNS saat ini lebih produktif dibanding jaman dulu, hal tersebut terjadi karena regulasi yang berbeda dan adanya tuntutan kondisi yang mengharuskan PNS harus produktif. Selain menagani pengadaan barang dan jasa  melalui lelang ia juga ditugaskan menangani kediklatan  sehingga nyaris tak ada waktu luang. Menurutnya saat ini tidak ada PNS yang bisa santai-santai seperti jaman dahulu. Kalaupun ada PNS yang masih santai-santai , berarti ia sengaja meninggalkan tugasnya.



Pernyataan serupa disampaikan oleh Sri, yang diberi tugas sebagai penyusun laporan diklat. Menurutnya, bekerja di lembaga pemerintah saat ini  membutuhkan  tingkat inisiatif  dan motivasi tinggi.  Jika tidak, maka pekerjaan akan menumpuk dan yang repot diri sendiri. Selain sebagai penyusun laporan diklat, ia sering ditugaskan ke daerah untuk menangani diklat sehingga harus mengatur waktu yang pas. Pekerjaan pun harus  didesain agar tak ada yang menumpuk.



Danang, yang bertugas sebagai bendahara, menyatakan hal yang tak jauh beda. Jika PNS saat ini dikatakan kurang berkinerja, maka  tidaklah benar,  karena  peraturan saat ini  tidak memberi ruang bagi mereka yang malas bekerja.  Sejak adanya PP nomor 81 tahun 2010 tentang grand design reformasi birokrasi, lembaga pemerintah mulai berbenah dan hal tersebut berdampak pada kinerja PNS.



Pernyataan tentang meningkatnya kinerja PNS juga disampaiakan oleh Aziz. Menurutnya  sejak adanya PP nomor 81 tahun 2010 tentang grand design reformasi birokrasi dan PP nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS, kinerja PNS mulai meningkat, mereka lebih disiplin dan menaati aturan yang ada. Apalagi pada kementerian mulai mengeluarkan  peraturan yang menuntut kinerja, kedisiplinan dan integritas pada lembaga  pemerintah. Seperti Peraturan Menpan RB nomor 52 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas  Menuju wilayah Bebas  dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih  Melayani. Maka lembaga pemerintah mulai memperbaiki diri dan tampil sebagai lembaga yang berintegritas dan berkinerja tinggi. (AF).