Berita


Redweb
2018-03-26 11:41:38
SEBANYAK 175 GURU MTS AKAN IKUTI DIKLAT RPP

 


BDKSURABAYA -  Diklat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru Madrasah Tsanawiyah kembali akan digelar Balai Diklat Keagamaan Surabaya di daerah.  Terdapat 5  daerah yang  menjadi tempat pelaksanaan diklat yaitu: Kab Gresik, malang, Probolinggo, Lamongan dan Kab. Blitar. Pada tiap daerah  akan dilaksanakan satu angkatan diklat dengan jumlah peserta 35 orang, sehingga  total  peserta berjumlah 175 orang. (26/03/2018).



Peserta pada diklat tersebut adalah guru MTs baik yang berstatus PNS dan non PNS yang mengajar materi  umum maupun materi agama. Mereka terlebih dahulu harus didaftarkan sebagai peserta  pada aplikasi SIMDiklat  yang bisa diakses secara online oleh Admin unit pada  Kankemenag setempat. Mereka yang didafatarkan sebagai peserta diklat adalah yang belum pernah mengikuti diklat 4 tahun terakhir.



Mereka akan mendapatkan materi inti penyusunan RPP, mulai dari konsep dasar perencanaan pembelajaran, pemetaan kompetensi inti dan dasar, indikator pencapaian kompetensi sampai pada simulasi RPP. Di samping itu, juga diberikan materi dasar dan penunjang.



Tujuan dari kegiatan tersebut adalah agar para guru MTs mempunyai kemampuan dalam menyusun RPP sehingga  proses pembelajaran di kelas semakin berkualitas. Akhirnya  akan berdampak pada meningkatnya kompetensi siswa dalam memahami  pelajaran yang diberikan guru.



Kegiatan yang direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 2 s.d. 7 April mendatang tersebut diselenggarakan di kantor Kemenag setempat dan dibiayai dari  anggaran DIPA Balai Diklat Keagamaan Surabaya.



Di samping diklat RPP, Balai Diklat Keagamaan Surabaya juga akan menyelenggarakan Diklat Revolusi Mental di tiga daerah, yaitu  di Kab. Magetan, Trenggalek dan Kota Pasuruan dengan total peserta 105 orang. Kegiatan tersebut akan dimulai 2 April dan berakhir 6 April 2018.(AF).