Berita


Redaktur Web
2019-06-25 12:45:30
AKD DISELENGGARAKAN SERENTAK DI 8 KANTOR KEMENAG

BDKSURABAYA- Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Surabaya di  kantor Kementerian Agama (Kemenag) di wilayah kerja Kemenag Provinsi Jawa Timur  dibuka  secara serentak. Terdapat  8 kantor kemenag yang menjadi tempat pelaksanaan, yaitu  Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Bangkalan, Bojonegoro, Jombang, Kediri dan Lamongan. Kegiatan yang rata-rata dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag setempat tersebut berlangsung selama sehari, sehingga AKD dibuka sekaligus ditutup setelah responden mengisi kuesioner yang disebarkan. (25/06/2019).


Pada sambutan pengarahannya, rata-rata   pejabat yang membuka menyampaikan pentingnya kegiatan AKD.  Dalam pandangan mereka kegiatan diklat akan mencapai tujuan ketika didahului oleh proses perencanaan, dan AKD menurut mereka sebagai  salah satu rangkaian proses perencanaan  diklat. Dengan mengidentifikasi kebutuhan  diklat dari tiap stakeholder, maka diklat akan mampu menjawab  kekurangan kompetensi dari Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya di wilayah kerja Kemenag Provinsi Jawa Timur.


Kebutuhan akan diklat dalam pandangan mereka tidak bisa dianalisis tanpa adanya survey yang berbentuk AKD. Dengan mendapatkan data dan nformasi dari  pengguna diklat secara langsung, maka  diharapkan  akan menghasilkan data yang valid berkaitan dengan gap kompetensi yang dialami  responden dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Adanya gap kompetensi itulah yang selanjutnya  dijadikan dasar dalam merumuskan jenis diklat di tahun mendatang. Pada akhirnya jenis-jenis diklat yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Surabaya adalah diklat yang benar-benar dibutuhkan oleh ASN Kemenag.


Kegiatan yang diikuti oleh  30 responden pada tiap wilayah tersebut  dimulai dengan penjelasan pengisian kuesioner  dari penyelenggara AKD dan diakhiri  dengan pengumpulan kuesioner setelah sebelumnya diperiksa oleh petugas.  Pada tiap wilayah ditugaskan  satu tim yang terdiri dari 3 orang ASN Balai Diklat Keagamaan Surabaya (AF).