Berita


PBSDP
2017-06-14 13:37:21
PESERTA DIKLAT PENYULUH LEBIH MENYUKAI TEKNIK DISKUSI DAN PEMBAHASAN KASUS

BDKSURABAYA.kemenag.go.id -  Diklat Penyuluh Agama Islam Non PNS yang dibuka 12 Juni lalu ternyata  menyedot perhatian peserta. Materi-materi yang disampaikan oleh pengajar rata-rata  dikuti dengan baik oleh peserta. Meskipun content tentang penyuluhan sudah mereka pelajari dan kemungkinan besar dari mereka sudah memahaminya, namun  strategi penyuluhan dan tips serta trik penyuluhan tampaknya harus mereka dalami.



Dengan pendekatan andragogi, para penyuluh tersebut diberikan materi  melalui ceramah, pembahasan kasus, pemberian tugas, diskusi dan  role playing. Tampaknya teknik diskusi  dan pembahasan kasus menjadi menarik bagi peserta. Dengan teknik tersebut peserta sangat antusias mengikuti materi, Sebagian besar mereka ikut terlibat dalam proses pembelajaran dengan menyampaikan ide dan pandangan-pandangannya tentang masalah yang dibahas. Pertanyaan-pertanyaan yang tak terduga pun muncul saat diskusi dan pembahasan kasus berlangsung.



Dengan teknik diskusi dan pembahasan kasus, mereka mendapatkan pemerkayaan ilmu pengetahuan, bahkan  lebih memahami masalah ketika masalah tersebut menjadi pembahasan bersama. Mereka menikmati proses pembelajaran sampai materi berakhir. (AF).