Berita


Redaktur Web
2018-04-18 10:47:07
HENI: PEMIMPIN PERLU PUNYA SOCIAL AWARENESS

BDKSURABAYA – Social awareness (kesadaran sosial ) adalah sebuah kesadaran yang muncul dari individu terhadap diri dan lingkungan sosialnya sehingga mampu merespon apa yang terjadi pada lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan sosial. Adanya kesadaran sosial membuat individu mengetahui  bagaimana ia harus berperan dalam sebuah situasi sosial. Kesadaran tersebut sangatlah penting dimiliki oleh seorang pemimpin karena ia seahri-hari akan dihadapkan pada lingkungan sosial di tempat kerja. Demikian uraian Heni  Mardiningsih ketika diwawancarai.
(18/04/2018)



Adanya kesadaran sosial  dari pemimpin, menurut Heni  akan membentuknya menjadi pemimpin  yang humanis karena ia mengetahui informasi sosial yang berkembang dalam lingkungannya. Ia juga mampu menjaga hubungan baik dengan rekan sekerja dan para bawahannya, mampu menempatkan diri dalam situasi tertentu dan akan bertindak dengan mempertimbangkan persepsi sosial dari lingkungannya.



Pemimpin dengan kesadaran sosial yang tinggi biasanya akan memperhitungkan efek sosial dalam setiap pengambilan keputusannya. Akibatnya pertimbangan sisi kemanusiaan dari setiap keputusan akan sering diambil.  Dampak positif dari pemimpin dengan kesadaran sosial yang tinggi adalah timbulnya kenyamanan sosial dari pegawai yang ada di dalmnya. Namun terdapat juga dampak negatif, yaitu ketika pertimbangan sisi kemanusiaan lebih menonjol maka pemimpin terkadang menabrak aturan yang ada.  Maka yang ideal adalah kesadaran sosial itu diimplemetasikan dengan tetap memandang regulasi yang ada. (AF).