Berita


Redaktur Web
2018-11-14 15:31:09

BDKSURABAYA -  Untuk melaksanakan praktik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) peserta perlu memahami langkah-langkahnya. Menurut Any, widyaiswara yang mengajar materi praktik pelaksanaan PTK,  langkah pelaksanan PTK terdiri dari mempraktikkan pelaksanaan PTK dan memantau proses PTK. (14/11/2018).



Untuk pelaksanaan PTK, terdiri dari pelaksanaan plan dan action  di kelas nyata, cara memperoleh data di kelas serta cara melakukan refleksi dan perbaikan tindakan. Sedangkan pemantauan proses PTK terdiri dari kegiatan pemantauan dari sisi proses dan dari sisi hal yang diamati.



Menurut Any, setelah dirumuskan perencanaan yang mencakup strategi dan skenario tindakan  yang akan dilaksanakan, langkah selanjutnya adalah menerapkan strategi dan skenario tersebut di dalam kelas. Maka skenario tersebut tentunya sesuai dengan perencanaan tindakan. Sedangkan perencanaan tindakan disusun berdasarkan perumusan masalah.



Dalam pandangan Any, tahapan pelaksanaan tindakan disertai dengan  kegiatan observasi dan pengumpulan data. Pada tahapan ini, peneliti atau guru mencatat hal-hal penting yang terjadi selama pelaksanaan tindakan berlangsung. Catatan penting tersebut dituangkan dalam form yang telah disusun sebelumnya. Termasuk data tentang hasil proses belajar selama masa pelaksanaan tindakan, dari waktu ke waktu.



Usai tahapan pelaksanaan tindakan yang biasanya berlangsung  2 sampai 3 bulan, dan data yang valid  telah terkumpul, maka berikutnya adalah tahapan refleksi. Dalam refleksi, peneliti menganalisis data, mencari kekurangan dalam pelaksanaan tindakan sekaligus merancang perbaikan-perbaikan yang akan dilaksanakan dalam  siklus PTK berikutnya.



Penjelasan Any tersebut tampaknya diterima peserta dengan baik. Pemahaman mereka rata-rata  semakin meningkat sehingga mengetahui secara detail bagaimana melaksanaan PTK ketika kembali ke unit kerjanya masing-masing (AF)