Berita


Redaktur Web
2018-09-12 14:17:42
HENI: ASN PERLU MENDUKUNG PROGRAM PELAYANAN PUBLIK

BDKSURABAYA: Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah sebagai pelayan publik yang bertugas melayani masyarakat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Namun ketika menjadi masyarakat dan sebagai pengguna layanan mereka perlu bertindak positif yang bisa menjadi teladan bagi masyarakat. Demikian komentar Heni Mardiningsih, widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya yang menguraikan tentang pelayanan publik.(12/09/2018)


Menurut Heni terkadang ketika kita menjadi customer yang harus dilayani, atau pengguna layanan, kita kurang menunjukkan sikap yang bersahabat, misalnya pengin enaknya sendiri, mengkritik petugas secara keterlaluan atau mengoreksi kekurangan-kekurangan dalam pelayanan secara membabi buta. Kritik yang membangun baginya memang sangat diperlukan karena berfungsi untuk memperbaiki pelayanan publik, namun kritik yang cenderung destruktif dan emosional justeru akan menimbulkan dampak yang kurang baik, karena sangat dimungkinkan akan menyulut pandangan negatif dari orang lain terhadap pelayanan publik. Apalagi sebagai ASN, maka ketika mengkritisi sesuatu hendaknya dengan maksud yang baik, sikap yang santun dan dengan kepala yang dingin. “ASN perlu mendukung program pelayanan publik,” urainya.


Proses pelayanan publik saat ini memang perlu perbaikan secara terus-menerus agar mencapai tataran yang ideal. Menurutnya perlu ada sistem yang baik, SDM pendukung sistem yang kompeten dan pengguna layanan yang bersikap baik. Tanpa adanya sinergi ketiga unsur tersebut, maka pelayanan publik tidak mampu mencapai tataran ideal.


Dari sisi sistem pelayanan, maka perlu diciptakan sistem yang sederhana, mudah digunakan dan mampu mengatasi kesulitan dalam pelayanan. Dari sisi SDM, maka sistem yang diciptakan perlu didukung oleh SDM yang menguasai sistemnya. Sedangkan dari sisi pengguna layanan, mereka diharapkan menjadi customer yang baik, taat pada regulasi dan mendukung sistem yang ada. (AF).