Berita


Redweb
2018-01-15 09:47:02
AYUN:KITA PERLU EMPATI PADA TEMAN SEKERJA

BDKSURABAYA – Sikap empati  senantiasa diperlukan dalam hubungan sosial, tak terkecuali di kantor.  Kantor adalah rumah kedua bagi seorang pegawai sehingga sikap empati terhadap rekan sekerja sangat dibutuhkan dalam hubungan kerja.  Di samping dapat memeperlancar tugas, sikap tersebut memang selayaknya ada pada makhluk sosial dan selaras dengan nilai-nilai agama. Demikian pandangan Qurrota Ayun ketika dimintai penjelasan tentang sikap empati di tempat kerja. (15/01/2018).







Ia menjelaskan bahwa manusia bukanlah robot atau mesin yang hanya dipenuhi dengan rutinitas masuk kantor, bekerja, pulang dan masuk lagi keesokan harinya.  Sisi kemanusiaan dari seorang pegawai tentunya selalu melekat ketika ia berada dalam kantor. Empati adalah salah satu sisi kemaunsiaan dari seorang pegawai. Dalam hubungan sosial di kantor sikap tersebut memegang peran penting. Munculnya sikap empati terhadap teman menandakan bahwa seorang pegawai menghargai dan ikut merasakan apa yang dirasakan temannya, apalagi teman tersebut sedang berada dalam  kesusahan. Empati menurutnya akan meningkatkan kekompakan dalam bekerja, apalagi ketika mengerjakan pekerjaan yang bersifat tim.







Keterlibatan emosional dari teman akan mampu memperkuat komitmen dari kelompok atau tim. Beberapa pengalamannya saat bekerja dalam tim menunjukkan bahwa keterlibatan secara emopsional dari anggota tim, entah itu berujud empati, saling memahami atau bentuk-bentuk emosional lainnya sangat diperlukan untuk mendongkrak kinerja tim. Seseorang yang terbiasa berempati akan selalu tanggap terhadap kesulitan dari teman sekerja, apalagi ketika sama-sama ditugaskan keluar kota dam satu tim kerja. “Kita perlu empati pada teman sekerja”, ujar Ayun. Sikap berempati menurutnya akan membuat orang asing menjadi teman dan membuat teman serasa menjadi saudara. (AF).