Berita


Redaktur Web
2018-10-11 14:14:29

BDKSURABAYA-  Materi  Analisis Standar Kompetensi  Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) sangat diminati peserta Diklat Teknis Substantif  Guru Pendidikan Agama Islam SMP yang diselenggarakan  di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Di samping materi tersebut termasuk materi  inti dalam  diklat PAI SMP,  penyampaian materi tersebut sangat menarik bagi peserta. Rata-rata peserta  menilai  bahwa materi yang disampaikan widyaiswara  mampu memahamkan mereka tentang SKL, KI dan KD. (11/10/2018).



Menurut Miftahussirojudin, widyaisawara  yang mengajar materi tersebut, SKL adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup  pengetahuan, keterampilan dan sikap. SKL tersebut  menunjukkan kualifikasi kompetensi peserta didik yang  harus dicapai setelah menyelesaikan pendidikan. Di samping itu, SKL tersebut selanjutnya digunakan sebagai  acuan utama untuk pengembangan  standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan dan standar pembiayaan. SKL dijadiakan dasar dalam  menyusun Kompetensi inti dan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti  adalah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik untuk mencapai SKL yang mencakup aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. Sedangkan Kompetensi Dasar adalah kemampuan yang menjadi syarat untuk menguasai KI.



Beberapa peserta memandang bahwa proses pembelajaran sangat menyenangkan dan mampu memperkaya pengetahuan peserta. Mereka menjadi lebih memahami dengan materinya.  Metode tanya jawab dan praktik langsung tampaknya sangat sesuai  dengan materi analisis SKL, KI dan KD. (AF).