Berita


Redweb
2018-02-15 10:48:13
TOHA: GURU MADRASAH PUNYA PERAN PENTING

BDKSURABAYA.kemenag.go.id -Pentingnya peran guru madrasah di masyarakat disampaikan oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya, Muchammad Toha. Di hadapan peserta Diklat Teknis Substantif Penyusunan RPP bagi guru MTs di Kankemenag Kab. Trenggalek, ia menjelaskan bahwa guru madrasah tidak hanya berperan untuk mencerdaskan akal, namun juga menajamkan qolbu dari anak didik. (13/02/2018).



Kualitas generasi mendatang menurut Kepala BDK sangat ditentukan oleh peran guru madrasah.  “Guru madrasah punya peran penting,” ujarnya. Diharapkan guru madrasah mampu mencetak generasi cerdas yang berakhlak mulia karena tantangan kehidupan ke depan semakin berat.   Maka peningkatan kompetensi  guru sangat diperlukan agar mereka  mampu menyiapkan generasi mendatang dan membekali anak didiknya dengan ilmu dan iman.



Dalam pandangannya, guru madrasah diharapkan juga bisa menjadi panutan bagi anak didiknya.  Masyarakat pun akan selalu memberikan penilaian terhadap guru madrasah. Jika guru madrasah menunjukkan perilaku yang kurang baik, maka akan menjadi pembahasan dalam masyarakat, namun jika perilaku serupa dilakukan oleh guru umum, masyarakat akan memakluminya.  Hal itu terjadi karena madrasah identik dengan pendidikan dan pengajaran nilai-nilai agama, sehingga para gurunya  diharapkan mempunyai standar moral di atas  guru-guru umum.(AF).