Berita


Redaktur Web
2018-10-22 10:04:25
PESERTA DIKLAT CALON PENGAWAS PAI IKUTI PENDAMPINGAN OJT

BDKSURABAYA -  Sebanyak 11 peserta Diklat Teknis Fungsional Calon Pengawas  saat  ini mengkuti pendampingan  on the job training (OJT) tahap II yang bertempat di SMPN 2 Maesan dan SMPN 1 Ngancar. Kegiatan di SMPN 2 Maesan diikuti oleh 5 peserta sedangkan di SMPN 1 Ngancar sebanyak 6 peserta. Mereka yang mengikuti kegiatan di  SMPN 2 Maesan adalah peserta yang mengajar PAI (Pendidikan Agama Islam) di wilayah  Kab.Bondowoso dan  Banyuwangi. Untuk  peserta pendampingan di SMPN 1 Ngancar adalah peserta diklat yang mengajar PAI di wilayah Trenggalek, Tulungagung, Kediri, Bangkalan dan Sampang. (22/10/2018).



Tujuan dari pendampingan tersebut adalah mengarahkan dan membimbing peserta bagaimana  melakukan praktik pengawasan di sekolah  dan menyusun proposal penelitian tindakan kepengawasan. Sekalugus memecahkan masalah-masalah yang dihadapi peserta selama praktik pengawasan.



Selain  menugaskan 2 pendamping  yang terdiri dari widyaiswara, Balai Diklat Keagamaan Surabaya juga mengundang 1 pengawas  pada tiap wilayah pendampingan. Dengan menghadirkan pengawas yang sudah berpengalaman tersebut  diharapkan peserta memperoleh teknik-teknik khusus yang kemungikan tidak ditemukan peserta dalam proses in the job training . Pendampingan di SMPN 2 Maesan dihadiri oleh Bambang Jayadi, pengawas dari Kankemenag Kab. Bondowoso, sedangkan di SMPN 1 Ngancar dihadiri oleh Dimyati dari Kankemenag Kab. Kediri.



Rata-rata peserta memandang bahwa kegiatan pendampingan tersebut sangat bermanfaat terutama yang berkaitan dengan materi pada saat pengawasan dan laporan yang diperlukan dalam praktik pengawasan. Mereka juga lebih memahami bagaimana membuat proposal penelitian tindakan kepengawasan dengan benar. (AF).