Berita


PBSDP
2017-09-20 01:56:36
HARI KEDUA,  MAKMUN HIDAYAT  MENGAJAR DASAR-DASAR PUBLIKASI ILMIAH

BDKSURABAYA.kemenag.go.id -  Pembelajaran  hari kedua  pada Diklat Publikasi Ilmiah bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah di Balai Diklat Keagamaan Surabaya  diisi dengan pengenalan (dasar-dasar) penulisan untuk publikasi ilmiah (20/09/2017).




Menurut  Makmun Hidayat, widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya,  publikasi ilmiah adalah sebuah penerbitan dari  karya ilmiah yang ditulis oleh seseorang atau sekelompok orang pada sebuah media baik media cetak maupun elektronik. Karya ilmiah tersebut bisa berbentuk hasil penelitian ataupun dari ide atau gagasan sesoerang ataupun sekelompok orang.  Dalam penjelasannya, Makmun menguraikan bahwa  karya ilmiah tersebut bisa berbentuk buku, jurnal, artikel ilmiah,  artikel populer, modul, makalah, essay dan opini.




Untuk menulis sebuah karya ilmiah   menurut penjelasan Makmun diperlukan pemahaman penulis tentang  jenis tulisannya yang akan dibuat.  Tiap-tiap karya ilmiah mempunyai karateristik tersendiri dengan sistematika penulisan yang  tentunya berbeda. Ketika telah mengetahuinya penulis  tinggal menuangkan ide dan kreativitasnya. 




Dalam penjelasannnya, bagi seseorang yang belum terbiasa  menulis atau bagi penulis pemula,  biasanya ia akan kesulitan dalam menuangkan ide-idenya, namun bagi penulis yang telah terbiasa  dengan  penulisan karya ilmiah dengan jam terbang yang tinggi, ia akan lebih produktif dalam menulis karya ilmiah dan telah memahami bagaimana strategi menulis.  Masalah yang dihadapi oleh penulis pemula biasanya berkenaan dengan dari mana  ia memulai  untuk menulis sebuah tulisan. Sebenarnya mereka banyak ide namun merasa kesulitan dalam menuangkannya dalam bentuk tulisan.




Karenanya, Makmun memberikan tips kepada peserta, agar  mereka lancar dalam menulis mereka  diharapkan banyak membaca,  memahami jenis dan karakeristik karya ilmah dan sering  menuangkan ide dalam bentuk tulisan. (AF).