Berita


Redaktur Web
2018-11-06 10:11:55
KASI DIKLAT TENAGA TEKNIS PENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN TUTUP DIKLAT CALON PENGAWAS PAI ANGKATAN II

BDKSURABAYA -  Diklat Tekknis Fungsional Calon Pengawas PAI Angkatan II yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya sejak  24 September 2018 secara resmi ditutup dengan upacara penutupan oleh Kasi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Machzudi. (06/11/2018). Sehari sebelumnya  peserta menjalani uji kompetensi, berupa presentasi dan ujian tulis, yang merupakan rangkaian akhir proses diklat untuk calon pengawas.



Dalam sambutannya, Machzudi menguraikan bahwa diklat pengawas dengan pola in the job training  (IJT) dan on the job training (OJT) tersebut adalah pola baru yang belum pernah dilaksanakan sebelumnya. Kebetulan Balai Diklat Surabaya adalah lembaga diklat di lingkungan Kemenag yang pertama kali menerapkan pola tersebut.  Ia menilai bahwa pelaksanaan IJT dan OJT yang diikuti peserta tampaknya sukses. Hal tersebut dilihat dari kemampuan peserta yang telah meningkat  dibanding sebelumnya, baik dari segi teori maupun praktik pengawasan.



Dalam pandangannya, kesuksesan tersebut adalah hasil kerja sama tim yang kompak dari panitia dan widyaiswara, juga berkat keterlibatan peserta yang telah mengikuti segala proses yang ada dengan tertib dan disiplin. Ia pun berharap agar peserta terus meningkatkan kompetensi  dengan belajar mandiri  maupun belajar dengan sesama pengawas yang sudah berpengalaman.  Seorang pengawas, menurut Machzudi jangan sampai kalah dengan gurunya atau justeru belajar dari guru. Idealnya pengawas mempunyai kompetensi yang lebih dibanding guru karena  seorang pengawas tugasnya adalah membimbing, mengawasi dan memecahkan persoalan yang dihadapi para guru di sekolah.



Kegiatan diklat calon pengawas PAI angkatan II tersebut  mengikuti pola IJT dan OJT. Awalnya para peserta mengikuti pembelajaran di kelas (IJT) pada 24 september s.d. 3 Oktober 2018, selanjutnya mulai 4 Oktober s.d. 3 November 2018 mereka  menjalani OJT (praktik pengawasan di unit kerja) dan kembali lagi ke BDK Surabaya untuk menjalani uji kompetensi pengawas pada 4 November s.d. 6 November 2018.(AF).