Berita


PBSDP
2017-12-28 04:10:44
ASN BDK SURABAYA: EVALUASI PASCA DIKLAT MENJADI TAHAPAN TAK TERPISAHKAN DARI DIKLAT

BDKSURABAYA.kemenag.go.id – Evaluasi pasca diklat menjadi tahapan yang terkait dengan proses diklat sehingga kegiatan tersebut perlu dilakukan. Akan menjadi tahapan yang tidak lengkap jika evaluasi pasca diklat diloncati. Demikian pernyataan Aparatur Sipil Negara (ASN) Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya (22/12/2017).





Menurut Machzudi, Kasi Diklat tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, evaluasi pasca diklat menjadi rangkaian tak terpisahkan dari diklat. Tanpa evaluasi kegiatan yang dilaksanakan tidak akan sempurna. Evaluasi menjadi proses analitis tentang pelaksanaan program dan mencari solusi jika terdapat hambatan. Setiap kegiatan tidak selalu sempurna, sehingga evaluasi perlu dilaksanakan.





Pernyataan serupa datang dari Sukamto, ASN BDK Surabaya. Baginya, evaluasi menjadi proses yang tak terpisahkan dari diklat. Tanpa evaluasi, kegiatan  kediklatan menjadi kurang lengkap. Namun evaluasi bukan hanya sebagai pelengkap, melainkan sebagai proses penting dalam kediklatan. Tahapan evaluasi menurutnya sama pentingnya dari tahapan kediklatan lainnya.





Pentingnya tahapan evaluasi juga disampaikan oleh Yusuf dan Moelyono. Evaluasi dalam pandangan mereka berdua adalah proses untuk mengendalikan agar kegiatan yang dilaksankan BDK Surabaya sesuai dengan yang direncanakan. Ketika evaluasi dilaksanakan dengan benar, maka akan dapat dianalisis kelebihan dan kekurangan dari kegiatan yang dilaksankan.Di samping itu, tahapan evaluasi adalah sebuah tahapan untuk mencari masukan dan saran perbaikan demi kesempurnaan kegiatan diklat di masa kini dan masa-masa mendatang (AF).