Berita


PBSDP
2017-08-01 02:13:59
KABAG TU SAMPAIKAN  BAHWA TUGAS PENDIDIK ADALAH MENYIAPKAN GENERASI YANG BERKUALITAS

BDKSURABAYA.kemenag.go.id -  Dalam era sekarang,  para pendidik diharapkan  mampu mempersiapkan generasi  masa depan yang berkualitas karena tantangan yang dihadapi anak-anak di masa mendatang semakin berat. Jika anak-anak saat ini kurang bisa memanfaatkan teknologi, maka teknologi justeru akan menjadi bumerang. Demikian  penggalan sambutan pengarahan Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Amin Mahfud saat membuka  Diklat di Balai Diklat Keagamaan Surabaya (01/08/2017).





Amin menjelaskan bahwa   pendidikan tidak hanya mencetak anak didik yang cerdas akal namun juga cerdas spiritual. Keberhasilan seseorang menurutnya lebih banyak dipengaruhi oleh kecerdasan spiritualnya dibanding kecerdasan akalnya.  Di samping itu, pendidikan  berperan dalam menciptakan anak-anak yang tangguh, terutama  tangguh mentalnya karena di masa mendatang mereka akan menghadapi persaingan yang semakin ketat.





Sekitar tahun 2045 menurut Amin, akan terjadi ledakan penduduk dunia dan hal tersebut  akan menjadi bencana demografi (demography disaster) karena pada saat itu jumlah penduduk terbanyak adalah  usia produktif. Hal tersebut perlu disiapkan mulai sekarang agar anak-anak didik di masa mendatang mampu menghadapi tantangan jaman.  Menurutnya  pendidik di madrasah harus melakukan lompatan dengan  cara menerapkan pembelajaran yang kreatif dan  inovatif agar menghasilkan generasi yang cerdas, tangguh dan peduli.





Diklat yang dibuka  oleh Kabag TU dan dikuti oleh 245 peserta tersebut terdiri dari Diklat Teknis Fungsional Peningktan Kompetensi Guru PKn MTs Tingkat Dasar, Guru BK MTs Tingkat Dasar, Guru Bahasa Arab MTs Tingkat Dasar, Guru IPA MTs Tingkat Dasar, Guru Bahasa Indonesia Tngkat Dasar dan Diklat Teknis Substantif Peningkatan Kompetensi Pembekalan Penugasan Tambahan Calon Kepala Madrasah Angkatan I dan II. Pada tiap kelas diikuti oleh 35 peserta yang berasal dari Kankemenag kab. Dan Kota se-Jawa Timur. (AF).