Berita


Redweb
2018-01-16 14:34:30
IWAN: TIM YANG KOMPAK BUTUH SIKAP TOLERAN

BDKSURABAYA – Sikap toleran dalam tim ternyata memegang peran penting. Sikap tersebut tidak saja membuat anggota tim merasa nyaman dalam bekerja sama, namun  juga mampu  menumbuhkan perasaan in group, bahwa anggota merasa satu tim dan      mempunyai komitmen yang sama untuk mencapai tujuan  tim. Demikian uraian Iwan Nurkholis, ASN Balai Diklat Keagamaan Surabaya.(16/01/2018)


Dalam kerja tim yang membutuhkan waktu yang rekatif lama, seperti tugas untuk menangani diklat ke daerah, sikap toleran antar anggota tim  mampu mempererat  hubungan interpersonal yang pada akhirnya berdampak pada kekompakan tim. Sebuah pekerjaan, menurut Iwan akan mampu diselesaikan dengan mudah ketika para anggota tim mempunyai hubungan interpersonal yang baik. Meskipun hubungan interpersonal lebih bersifat pribadi,  dan banyak nuansa informalnya, bukan berarti hal tersebut tidak berdampak pada penyelesaian pekerjaan yang bersifat formal.



Sikap toleran bagi Iwan menunjukkan kebesaran seseorang untuk menerima kekurangan orang lain, memberikan ruang pendapat orang lain selanjutnya menggabungkan dengan pendapat pribadi agar muncul kesamaan cara pandang, cara berfikir, bersikap dan berperilaku. Dalam pandangannya, tidak semua pekerjaan memerlukan persamaan sikap dari anggota, namun terlalu banyak perbedaan akan menjadi penghambat pekerjaan tim. Jika ingin tim kerjanya kompak maka sikap toleran akan menjadi prasyarat utama. “Tim yang kompak butuh sikap toleran,” ujar Iwan.(AF).