Berita


Redaktur Web
2018-09-03 11:01:15
BDKSURABAYA ADAKAN DIKLAT RPP DAN DIKLAT PENYULUH DI  DAERAH

BDKSURABAYA – Sebanyak 3 angkatan Diklat Teknis Substantif Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan 3 angkatan Diklat Teknis Substantif Penyuluh Agama Non PNS diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan Surabaya  di 6 daerah. Kabupaten  Banyuwangi, Malang dan Pasuruan menjadi tempat penyelenggaraan Diklat RPP sedangkan Tuban, Situbondo dan Trenggalek untuk Diklat Penyuluh Agama Non PNS.  Kegiatan tersebut dibuka secara serentak pada hari ini (03/09/2018), bertempat di Kantor Kementerian Agama Kabupaten pada daerah tersebut.



Kegiatan yang rata-rata dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag setempat tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MTs khususnya dalam penyusunan RPP sehingga mampu menjadi guru yang profesional dan meningkatkan kompetensi penyuluh agama Islam agar mereka mampu memberikan penyuluhan kepada masyarakat binaan  dengan benar dan mampu menjadi pemersatu bangsa.



Tujuan diklat tersebut selaras dengan inti  sambutan pengarahan dari Kepala Kankemenag pada 6 daerah yang diantaranya menjelaskan bahwa  diklat menjadi salah satu cara untuk menjadi guru yang profesional.  Dengan diklat kompetensi peserta akan meningkat  dan untuk mempercepat peningkatan  kompetensi guru madrasah, maka setelah mendapatkan peningkatan ilmu pengetahuan, mereka diharapkan mampu menularkan kepada teman-teman guru di madrasahnya.



Sedangkan kepada penyuluh agama Islam, rata-rata Kepala Kankemenag berpesan agar  peserta mampu menjadi penerang dan pembimbing masyarakat, apalagi tahun ini adalah tahun politik di mana sangat dimungkinkan terjadinya konflik di masyarakat. Maka peran penyuluh agama diharapkan mampu menjadi peredam konflik serta pemersatu bangsa.



Diklat yang diikuti oleh total 210 orang peserta  yang berasal dari Kankemenag setempat tersebut  akan berlangsung selama 6 hari atau akan ditutup pada Sabtu mendatang. (AF).