Berita


Redweb
2018-05-26 10:45:40
SEKRETARIS BADAN LITBANG TEKANKAN PENTINGNYA MENTAL SPIRITUAL UNTUK KEMAJUAN MADRASAH

BDKSURABAY A – Kualitas madrasah saat ini tidak kalah jika dibandingkan dengan sekolah.  Meskipun secara fisik bangunan madrasah secara total bisa dibilang lebih bagus sekolah namun  hal tersebut  tidak serta merta membuat kualitas lulusan madrasah lebih rendah.  Banyaknya profesional yang sukses di berbagai bidang dan berasal dari  alumni madrasah menunjukkan kualitas madrasah yang tak bisa dianggap remeh.   Hal tersebut bisa terjadi karena adanya sisi spiritual dari madrasah yang tidak dimiliki oleh sekolah. Demikian penjelasan Sekretaris Bdan Litbang dan Diklat Kemenag RI, Rohmat Mulyana Sapdi ketika memberikan  materi sekaligus menutup 6 angkatan diklat teknis substantif di Balai Diklat Keagamaan Surabaya (26/05/2018).



Ia menjelaskan bahwa belajar di madrasah penuh dengan nilai-nilai spiritual yang membuat siswanya berhasil dan penuh berkah.  Di samping mental intelektual dan spiritual siswa, keterlibatan guru, orangtua dan masyarakat yang ikut mendoakan madrasah, hal itu menjadi sisi  ghoib yang  mampu mendorong terwujudnya kualitas pembelajaran di madrasah. Maka tak mengherankan jika prestasi belajar siswa di madrasah kian mengalami peningkatan.



Menurut Sekretaris Badan Litbang, keseimbangan antara otak dan hati sangat diperlukan dalam proses pembelajran dan hal tersebut ditemui di madrasah. Siswa dilatih untuk berpikir kritis dan logis namun juga  dibekali kejernihan hati yang berperan untuk menjustifikasi baik dan buruk.  



Pada akhir sambutannya, ia berpesan kepada seluruh peserta agar tetap ihlas dan terus mengabdi di tempat tugasnya masing-masing.(26/05/2018)