Berita


Redaktur Web
2018-12-11 12:25:55
BDK SURABAYA  SELENGGARAKAN EPD DI 7 WILAYAH

BDKSURABAYA -  Evaluasi pasca diklat  (EPD) merupakan rangkaian tak terpisahkan dari proses diklat.  Kegiatan tersebut  dilakukan dengan tujuan utama utuk mengetahui  tingkat kompetensi peserta setelah mereka mengikuti diklat, sekaligus untuk menjaring saran peserta  terkait dengan pelaksanaan diklat.  Untuk itu, kegiatan tersebut  diawali dengan  mengambil 7 wilayah  sebagai tempat penyelenggaraannya, yaitu  di kankemenag Kab. Bangkalan, Jombang, Mojokerto, Probolinggo,, Tuban, Sidoarjo dan Kankemenag Kota Batu. (11/12/2018).


Kegiatan tersebut rata-rata dibuka oleh Kepala Kankemenag setempat. Beberapa Kepala Kankemenag menjelaskan bahwa evaluasi menjadi tahapan yang  penting dari kegiatan diklat.  Tanpa evaluasi ,  akan dapat diketahui  kekurangan, kelebihan  dan  dampaknya  bagi  yang mengikuti diklat. Maka mereka mendukung kegatan EPD  dan seluruh kegiatan diklat yang diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan Surabaya karena menurutnya terdapat dampak positif dari diklat, terutama untuk peningkatan kinerja alumni.


Kegiatan EPD yang berlangsung sehari tersebut  diikuti oleh 30 responden pada tiap wilayah, yang terdiri dari alumni diklat, atasan alumni diklat, teman sejawat, pemegang aplikasi SIMDiklat dan analis kepegawaian. Para responden tersebut diminta untuk mengisi kuesioner dengan skala Likert yang merupakan penjabaran dari 3 aspek yang menjadi fokus peningkatan kompetensi, yaitu aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap mental.


Pada kuesioner tersebut juga disediakan saran-saran dari responden untuk peningkatan kompetensi peserta diklat, yang bisa menjadi referensi Balai Diklat keagamaan Surabaya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta diklat.(AF).