Berita


Redaktur Web
2018-08-27 10:07:18
GURU MTS DI EMPAT WILAYAH IKUTI DIKLAT RPP

BDKSURABAYA – Sejumlah 140 guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di daerah  Pacitan, Mojokerto, Madiun dan Lamongan  mengikuti Diklat Teknis Substantif Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajran (RPP)  yang bertempat di Kantor Kemenag Kab. setempat. Kegiatan tersebut dibuka hari ini oleh Kepala Kantor Kemenag masing-masing  (27/08/2018).



Di Pacitan kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Kankemenag Kab. Pacitan, Moh. Nurul Huda. Dalam sambutannya ia menguraikan bahwa diklat yang dilaksanakan di daerah sangatlah menguntungkan bagi peserta karena selain mendapatkan ilmu, peserta tidak perlu meninggalkan keluarga. Maka kesempatan tersebut  sebaiknya  benar-benar dimanfaatkan oleh  peserta agar kompetensi mereka meningkat.  Saat ini  guru dituntut untuk kompeten dan rofesional dalam bidangnya, tak terkecuali dalam penyusunan RPP karena RPP yang baik akan berimbas pada peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah.



Rata-rata inti  sambutan dari Kepala Kankemenag pada 4 daerah tersebut hampir sama, yaitu pentingnya meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru madrasah, karena guru yang kompeten dan profesioanal menjadi salah satu faktor peningkatan mutu pendidikan di madrasah.  sedangkan diklat menjadi salah aatu cara untuk meningkatkan komptensi tersebut.



Kegiatan yang berlangsung pada 4 daerah dan  akan diakhiri pada 1 September 2018 tersebut dibiayai dari dana DIPA Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Seluruh peserta akan mendapatkan transport lokal dan uang harian serta akan mengikuti proses pembelajaran dengan pendekatan andragogi.



Untuk menangani kegiatan tersebut, Balai Diklat Keagamaan Surabaya  menugaskan 3 orang panitia dibantu oleh 3 orang panitia daerah. Sedangkan pengajarnya adalah widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya dan pejabat Kankemenag Kab. setempat. (AF).