Berita


Redaktur Web
2018-01-23 14:16:39
IWAN: KITA HARUS SALING MELAYANI

BDKSURABAYA – Aktivitas pelayanan tak bisa lepas dari profesi sebagai Aparatur Sipil Negara, karena tugasnya adalah sebagai pelayan publik. Di samping melayani customer atau stakeholder yang berasal dari luar lembaga, pelayanan juga perlu diterapkan di lingkungan kerja. Hubungan kerja antar pegawai sebenarnya penuh dengan unsur pelayanan meski kita tidak menyadarinya. Demikian pernyataan Iwan Nurkholis, PNS pada Bali Diklat Keagamaan Surabaya.(23/01/2018).



Iwan menjelaskan bahwa lingkungan kerja adalah lingkungan yang sarat dengan aktivitas pelayanan. Bentuk pelayanan tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari  sesuatu yang berujud barang seperti permintaan berkas atau hasil pekerjaan, hingga berujud jasa seperti bantuan atas sebuah pekerjaan atau berupa saran  atau pemikiran yang diberikan seorang pegawai.



Karenanya, menurutnya dibutuhkan kesadaran dari pegawai untuk bersikap  saling melayani. Sangat mustahil seorang pegawai akan bekerja sendirian tanpa keberadaan orang lain. Kesadaran itu akan muncul jika setiap individu memahami posisinya masing-masing dan tidak menganggap sepele orang  lain. Hambatan untuk sikap saling melayani tersebut akan ada ketika seorang individu hanya mau dilayani namun tidak menunjukkan sikap pelayanan terhadap orang lain.  Bentuk pelayanan menurut Iwan bisa saja berbeda antara  pegawai dengan pegawai lainnya, tergantung dari tugas dan tanggung jawabnya. “Kita harus saling melayani, “ ujar Iwan.



Bentuk sikap yang ideal dalam proses pelayanan banginya adalah ketika sesoerang  melayani dengan ihlas sedangkan yang dilayani menunjukkan sikap terima kasihnya.(AF).