Berita


PBSDP
2017-12-29 12:26:40
TOHA:  SEMANGAT PERUBAHAN HARUS ADA PADA PEMIMPIN

BDKSURABAYA.kemenag.go.id – Memimpin sebuah lembaga apapun, termasuk  lembaga pemerintah perlu  mempunyai semangat perubahan karena semangat itulah yang membuat seorang pemimpin bisa membawa lembaga menjadi lebih baik. Demikian penjelasan Kepala Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Muchammad Toha saat diwawancarai (29/12/2017) “Semangat perubahan harus ada pada setiap pemimpin, tanpa hal itu pemimpin hanyalah akan menjadi  simbol,”  ujarnya.



Menurutnya, perubahan dalam bentuk apapaun asalkan hal tersebut untuk kemajuan lembaga, perlu terus dibudayakan. Adanya perubahan berarrti sebuah lembaga bisa dikatakan hidup dan mau belajar. Maka perubahan baginya adalah sebuah indikator terjadinya proses “learning” dalam organisasi. Padahal organisasi yang sukses adalah organisasi  yang terus belajar dan mengembangkan diri.



Tuntutan terhadap organisasi, dalam pandangannya akan terus berkembang sesuai perkembangan jaman.  Stakeholder semakin pintar dan  ingin sesuatu yang lebih dari sebelumnya. Agar tetap survive, lembaga  harus terus mengelola perubahan sehingga perubahaan akan menjadi agenda yang tak ada habisnya. Apalagi lembaga yang mempunyai tupoksi di bidang pendidikan dan pelatihan. Maka   perubahan perlu dikelola dengan baik, agar menghasilkan kediklatan yang bermutu dalam proses maupun hasilnya.



Untuk menyukseska perubahan dalam sebuah lembaga, maka perlu adanya komitmen bersama pada anggota lembaga bahwa mereka mau berubah dan mendukung adanya perubahan. Terutama para pemimpin yang ada, karena pemimpin adalah ujung tombak sekaligus sebagai model dari perubahan tersebut. (AF).