Berita


Redaktur Web
2019-02-07 14:43:40

BDKSURABAYA - “Perpustakaan adalah ruangan untuk menyimpan buku, dokumen dan terbitan berkala,” terang Musfiqon, Widyaiswara Madya Balai Diklat Keagamaan Surabaya mengawali penyampaian materinya kepada 35 peserta Diklat Pengelola Perpustakaan Madrasah se-Jatim, Kamis (7/2), di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. “Oleh karena itu, pengelola perpustakaan harus berpikir ke arah koleksi bahan pustaka tersebut,” tambahnya. (07/02/2019).


 Pada prinsipnya, papar pria kelahiran Tuban, 21 Februari 1978 ini, fungsi perpustakaan itu ada lima. Selain sebagai tempat penyimpanan, perpustakaan juga menjadi ruang pengajaran, area rekreasi, penelitian dan pelestarian budaya. “Yang belum dijalankan adalah fungsi perpustakaan sebagai tempat rekreasi dan penelitian,” ujarnya.


Agar perpustakaan madrasah bernuansa rekreatif, katanya menjelaskan, area perpustakaan perlu didisain sejuk asri dan hijau. “Bahan bacaannya tidak saja berupa buku ajar, tapi juga perlu dilengkapi beragam genre buku seperti novel, cerpen dan lainnya,” ujarnya. “Dengan demikian, pengunjung yang datang ke perpustakaan bisa membaca dengan nuansa refreshing,” tandasnya. DK