Berita


Redweb
2018-04-09 12:40:46
LUTFI: ASN PERLU BELAJAR DAN TERUS BELAJAR

BDKSURABAYA – Belajar  tidak hanya ketika sekolah dan kuliah, namun saat sudah bekerja pun seseorang perlu terus belajar untuk meningkatkan kompetensi yang dimilikinya.  Hal itu bertujuan agar  seseorang mampu bekerja secara profesional  sehingga yang  menjadi tugas dan fungsinya dapat dijalani dengan baik. Demikian pernyataan Lutfi, Aparatur Sipil,Negara (ASN) Balai Diklat Keagamaan Surabaya yang menangani  aplikasi SIMAK BMN (Sistem Informasi Manajemen  dan Akuntansi Barang Milik Negara). “ASN perlu belajar dan terus belajar,” ujarnya saat diwawancarai (09/04/2018).



Menurutnya pegawai akan mampu bekerja dengan baik jika terus belajar. Tanpa hal tersebut, maka pegawai tersebut akan kesulitan menangani bidang tugasnya. Ketika ada kesulitan dalam bidang pekerjaan yang ditangani, ia tidak malu bertanya kepada rekan kerjanya  yang lebih ahli. Baginya pekerjaan adalah sebuah tanggung jawab dan amanah dari negara yang harus ia selesaikan dengan baik.



Kesibukannya sebagai pengelola BMN menuntut Lutfi untuk  terus belajar. Aplikasi SIMAK BMN yang ditangani seringkali harus di update dengan versi terbaru agar kompatibel dengan aplikasi persediaan dan SAIBA (Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual. Hal tersebut membutuhkan ketekunan dan semangat belajar yang tinggi. Apalagi permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan BMN relatif kompleks.



Ketika pertama kali ditugaskan sebagai pengelola BMN, ia belum tahu  sama sekali dengan aplikasi SIMAK BMN sehingga  saat itu ia merasa berat. Setelah menggeluti pekerjaannya, ia merasa bahwa  tidak ada sebuah pekerjaan yang sulit jika mau belajar.



Baginya, ada sebuah kenikmatan tersendiri jika pekerjaan yang ditangani dapat diselesaikan dengan baik. Di samping  hasil dari pekerjaan tersebut membuatnya merasa puas, proses belajar untuk memecahkan masalah  yang dihadapi juga menimbulkan kesan tersendiri. (AF).