Berita


PBSDP
2017-11-08 01:35:44
 KEPALA  KANWIL BUKA DIKLAT PENGAWAS MUDA

BDKSURABAYA.kemenag.go.id -  Diklat Teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi Pengawas Muda di Balai Diklat Keagamaan Surabaya dibuka oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Syamsul  Bahri (08/11/2017).


Dalam arahannya Kepala Kanwil menyampaikan bahwa  pengawas, adalah jabatan terhormat di lingkungan pendidikan. Selain  bertugas melakukan pengawasan (controlling) terhadap guru dan kepala madrasah,  mereka juga sebagai  seorang administrator dan birokrator. Karenanya, pengawas idealnya di samping mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembelajaran, namun juga memahami  masalah administrasi pendidikan di madrasah, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan.  Sebagai seorang birokrat, pengawas berperan sebagai regulator,  yaitu orang yang mampu memberikan pemahaman tentang peraturan-peraturan tentang pendidikan dan manajemen madrasah kepada guru dan kepala madrasah. Seorang pengawas, menurutnya juga harus mampu mengevaluasi kegagalan-kegagalan masa lalu untuk dijadikan  landasan atas keputusan dan kebijakan masa kini.


Di samping dari pengalaman, dalam pandangan Kepala Kanwil,  kualitas pengawas juga dapat diperoleh melalui diklat. Kegiatan diklat yang akan dijalani pengawas selama 10 hari adalah dalam rangka meningkatkan keilmua pengawas, yang akan dieksekusi nanti ketika sampai di madrasah.


Upacara pembukaan yang  diikuti oleh 35 peserta  dari Kankemenag Kab. dan Kota di Jawa Timur dan direncanakan akan diakhiri pada 17 November 2017 tersebut dihadiri oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Muchammad Toha, pejabat eselon IV, koordinator widyaiswara dan panitia penyelenggara(AF).