Berita


Redweb
2018-04-20 15:28:50
PESERTA DIKLAT PPKN ANTUSIAS IKUTI PROSES PEMBELAJARAN

BDKSURABAYA –Memasuki hari ke-5  peserta Diklat Teknis substantif Guru PMP dan Pendidikan Kewarganegaraan (PPKN) tetap antusis ikuti proses pembelajaran. Meskipun diklat akan berakhir pada hari ke -6, hal itu tidak menyrurutkan semangat  peserta untuk mengikuti  pembealjaran di kelas. Apalagi materinya adalah praktik pembelajaran, sebuah materi yang mereka praktikkan setiap hari di madrasah. (20/04/2018)



Mereka tampak asyik mempraktikkan  cara mengajar  di depan peserta lain, mulai dari cara mengawali pembelajaran sampai menutup pembelajaran. Beberapa peserta tampak menikmati presentasi dari temannya sedaangkan peserta yang sedang presentasi begitu asyik mempraktikkan cara mengajar di depan kelas.  Hingga jam diklat berakhir, mereka tetap asyik dengan  presentasinya.Setiap kelompok diberi tugas untuk praktik mengajar sesuai dengan RPP yang telah dibuat, yaitu RPP yang bercirikan HOTS (Higher Order  of Thinking Skill).



Menurut Haris, widyaiswara yang mengajar di kelas PPKN, HOTS adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif dan kreatif.  Dalam pandangannya, dengan kurikulum yang HOTS, diharapkan cara mengajar  seorang guru juga HOTS, yaitu mampu merangsang anak didik untuk menganalisis sebuah pembahasan, menstimulasi anak didik agar mampu mengambil keputusan berdasarkan informasi yang diterima dan membangun gagasan serta ide-ide kreati



Haris menyimpulkan, dari beberapa peserta yang telah presentasi prkatik mengajar menunjukkan bahwa sebagian besar peserta telah memahami tentang RPP dan cara mengajar yang HOTS, hanya ada beberapa peserta yang belum memenuhi kriteria HOTS dalam RPP maupun cara mengajarnya. Namun peserta tersebut pada akhirnya mengerti tentang kesalahan-kesalahannya dalam mengajar setelah mendapatkan ulasan dari widyaiswara. (AF).