Berita


Redweb
2018-05-24 08:57:49
KEPALA BADAN LITBANG DAN DIKLAT BERPESAN AGAR GURU PALING TIDAK MENGUASAI 4 FUNGSI

BDKSURABAYA – Ketika menyampaikan materi kepada peserta Diklat Bimbingan Konseling, Matematika dan Akidah Akhlak di Balai Diklat Keagamaan Surabaya,  Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Abd. Rahman Mas’ud,  menitip pesan agar peserta paling tidak bisa menjalakan 4 fungsi ketika mengajar dan mendidik siswanya.(24/05/2018).



Pertama,  guru harus menguasai materi yang disampaikan (mastering). Ketika guru menjadi mastering, maka ia akan mampu menjelaskan materinya dengan baik.Esensi dari materi mampu ia sampaikan sehingga terhadap pemahaman yang utuh pada siswa.



Kedua, guru haruslah mencintai profesinya (loving). Sikap mencintai profesi pada akhirnya akan berimbas pada sikap dan perilakunya terhadap siswa. Ia akan bersikap professional dan secara total akan memberikan pendidikan dan pengajaran kepada siswa.



Ketiga, seorang guru harus penuh semangat. Ia perlu mempunyai motivasi yang kuat untuk ikut berperan dalam memajukan pendidikan. Semangat pada guru untuk mendidik dan mengajar siswa akan berpengaruh terhadap proses pembelajaran di kelas.



Keempat, guru mempunyai tugas memotivasi. Ia harus mampu  membangkitkan  semangat siswa untuk belajar sehingga  terlibat aktif dalam paroses pembelajran. Di samping itu guru bisa menjadi inspirasi bagi siswanya. Maka guru tidak hanya mengejar jam tayang, namun perlu punya kepedulian untuk memotivasi siswanya.



Kepala badan juga menjelaskan bahwa guru yang ideal adalah mereka yang mampu mengubah pandangan dari siswa bahwa belajar adalah sesuatu yang menyenangkan, bukan menakutkan. Maka  dalam proses pembejaran di kelas, ia perlu menerapkan metode PAIKEM (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan). Namun, menurutnya lebih suka dengan metode PAINEM (pembelajaran, aktif, inovatif, naratif, efektif dan menyenangkan). (AF).