Berita


Admin Website BDK Surabaya
2016-06-21 07:48:00

BDKSURABAYA.kemenag.go.id - Rubrik Laboratorium Manajemen SDM Balai Diklat Keagamaan Surabaya yang dimuat di Harian Bhirawa Senin 20 Juni 2016 membahas tentang cara menghadapi atasan yang sulit.. Topik tersebut ditulis untuk menjawab permasalahan Bapak Aldo dari Malang yang menanyakan tentang cara menghadapi atasan yang sulit.

            Menurut pengasuh, tugas seorang atasan adalah membimbing, mengembangkan, mengarahkan, menggerakkan, memotivasi dan mengawasi bawahannya. Namun, tidak semua atasan atau seorang pemimpin memahaminya. Ketidakpahaman peran yang seharusnya ditampilkan pemimpin tersebut bisa disebabkan oleh rendahnya kompetensi yang ia miliki atau disebabkan oleh faktor kepribadian (personality).

            Pengasuh menyarankan bahwa ketika menghadapi orang dengan kepribadian yang sulit maka hendaknya tidak berpikir untuk mengubah kepribadiannya karena hal tersebut sangat sulit terjadi, kecuali ada peristiwa ekstrim, trauma atau sesuatu yang membuatnya berubah. Maka yang perlu dilakukan adalah lebih pada tips agar seseorang bisa nyaman dengan kondisi kerja seperti itu. Tips tersebut diantaranya, tidak bertindak konfrontatif, bersikap profesional, meningkatkan batas toleransi diri dan introspeksi diri,

Untuk memahami secara detail penjelasan dari pengasuh, silakan membaca langsung harian Bhirawa pada halaman 4 atau pada bhirawa online dengan alamat http://www.harianbhirawa.co.id untuk menu e-paper (AF).