Berita


Redaktur Web
2018-11-01 10:46:20
PESERTA DDWK REVOLUSI MENTAL BONDOWOSO BERHASIL BUAT PROGRAM KERJA BERBASIS REVOLUSI MENTAL DAN NILAI-NILAI AGAMA

BDKSURABAYA – Proses Pembelaajran Diklat di Tempat Kerja (DDWK) yang bertempat di Kankemenag Kab. Bondowoso tampaknya mampu dipahami oleh peserta. Hal tersebut terbukti dari program kerja yang telah dibuat oleh peserta yang berlandaskan pada revolusi mental dan nilai-nilai agama. Tugas membuat program kerja tersebut mampu diselesakan peserta yang kemudian dipresentasikan di hadapan widyaiswara dan peserta lain. Beberapa peserta terlihat memahami permasalahan  riil yang dihadapi setiap hari sesuai dengan bidang tugasnya yang selanjutnya dicarikan solusi atas permasalahan tersebut. (01/11/2018).





Seperti program kerja yang dipresentasikan oleh Nasrullah, ASN yang berprofesi sebagai penghulu pada salah satu KUA di Bondowoso. Ia menyampaikan bahwa pekerjaan sebagai penghulu tidaklah hanya sebagai pegawai pencatat nikah, namun ia juga perlu mempunyai kemampuan menjelaskan kepada msyarakat yang selama ini mempunyai keyakinan yang keliru  tentang pernikahan yang tidak bersumber dari ajaran agama Islam. Misalnya adanya keyakinan masyarakat bahwa menikah yang paling baik adalah pada hari dan jam tertentu. Fenomena tersebut  menurutnya akan menyulitkan tugasnya sebagai penghulu jika pda hari dan jam yang sama banyak orang yang menikah.





Selain itu, masalah dominasi orangtua pada anaknya yang telah menikah. Dominasi tersebut terkait dengan keputusan tempat tinggal anak setelah menikah. Jika masalah tersebut tidak di selesaikan pada awal sebelum menikah, maka ketika sudah menikah akan menimbulkan masalah karena tiap orang tua dari pengantin akan berebut  mengatur tempat tinggal anaknya. Menghadapi fenomena tersebut, Nasrullah biasanya  menjelaskan dan memberi pandangan kepada calon pengantin sebelum mereka menikah.





Program kerja dari peserta tersebut  merupakan rencana peserta setelah mereka selesai mengikuti diklat. Setiap peserta diberi tugas untuk membuat program kerja yang berlandasakan nilai-nilai revolusi mental dan nilai-nilai agama. (01/11/2018).