Berita


Admin Website BDK Surabaya
2016-08-17 02:54:59

BDKSURABAYA.kemenag.go.id - Upacara bendera yang dilaksanakan di depan aula Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya pada Rabu, 17 Agustus 2016, pukul 07.00 WIB berlangsung dengan khidmat. Upacara tersebut diselenggarakan untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-71.

            Upacara yang diikuti oleh 126 orang terdiri dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di BDK Surabaya ditambah dengan 30 orang peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV tersebut dipimpin oleh Bambang Sugeng Santoso, sedangkan yang bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala BDK Surabaya, Muchammad Toha.

            Pada kesempatan tersebut Kepala BDK membacakan pidato dari Gubernur Jawa Timur, H, Soekarwo yang diantaranya berisi 1) pelibatan masyarakat dalam pengendalian pemerintahan; 2) mengingatkan masyarakat agar tidak terjebak dalam politik aliran sempit yang mengantarkan pada paham radikalisme; 3) ajakan untuk memperkuat nasionalisme; 4) menjadikan Pancasila sebagai pandangan hidup yang mampu memotivasi untuk menciptakan program yang inovatif dan 5) mengungkapkan esensi kemerdakaan yang tidak hanya berarti pembebasan dari penjajahan dan sebagai peristiwa istimewa yang dirayakan tiap tahun tapi lebih bermakna sebagai sebuah ajakan bersama kepada seluruh komponen bangsa untuk menggelorakan semangat bekerja keras dan cerdas untuk mengisi kemerdekaan, menjaga stabilitas politik dan kemasyarakatan guna  mewujudkan cita-cita bangsa, yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

            Di samping itu, menurut Soekarwo, peringatan HUT kemerdekaan RI yang mengusung tema “Indonesia Kerja Nyata” tersebut, saat ini telah banyak langkah yang dilakukan Jawa Timur dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) diantaranya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, menguatkan infrastruktur perekonomian, meningkatkan kualitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan menjalin hubungan dagang antar provinsi.

            Upacara tersebut terlaksana berkat kekompakan tim BDK Surabaya yang ditunjuk sebagai petugas upacara dan motivasi dari ASN untuk ikut memperingati HUT Kemerdekaan RI. (AF).