Berita


Redaktur Web
2018-09-19 13:46:41
DIKLAT BAGI CALON PENGAWAS PAI KEMBALI DIGELAR DI BDK SURABAYA

BDKSURABAYA – Diklat Fungsional Calon Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) akan digelar di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya pada 24 september mendatang. Diklat tersebut merupakan diklat pengawas  pola baru  dengan model in the job training (pelatihan  di kelas) dan on the job training (pelatihan  di unit kerja). Diklat tersebut menjadi diklat angkatan ke 2, karena BDK Surabaya  sebelumnya telah menyelenggarakan  diklat yang sama  dengan peserta berjumlah 35 orang yang saat ini sedang berada di unit kerjanya untuk menjalani praktik supervisi akademik (19/09/2018).


Kegiatan tersebut  direncanakan akan diikuti oleh guru PAI yang sebelumnya telah lolos seleksi dan menjalani asesmen di Kanwil Kemnterian Agama Provinsi Jawa Timur. Terdapat 27 calon peserta yang akan mengikuti diklat. Mereka berasal dari beberapa Kantor Kemenag Kab. dan Kota di Jawa Timur.


Pada 24 September, peserta akan mulai mengikuti proses pembelajaran di BDK Surabaya selama 10 hari atau sampai dengan tanggal 3 oktober 2018. Selanjutnya, mulai 4 Oktober sampai dengan 3 November 2018 seluruh peserta menjalani praktik supervisi di unit kerjanya masing-masing (on the job training). Dalam rentang tanggal tersebut  akan ada tahapan pendampingan dari BDK Surabaya. Direncanakan BDK Surabaya akan menugaskan 3 petugas untuk sekolah yang sudah ditentukan. Terdapat 3 sekolah yang ditentukan sebagai tempat pelaksanaan pendampingan. Pendampingan tersebut bertujuan untuk mengobservasi, mengevaluasi sekaligus membimbing peserta dalam  proses supervisi yang sedang dijalankan.


Pada tanggal 4 November 2018, para peserta akan kembali lagi ke BDK Surabaya untuk menjalani uji kompetensi. Mereka diminta presentasi  atas pelaksanaan supervisi akademik yang telah dijalankan selama sebulan. Setelah itu peserta menjalani ujian tulis dan mengikuti upacara penutupan pada 6 November 2018. (AF).