Berita


PBSDP
2017-08-03 09:41:31
KA BADAN BERPESAN AGAR GURU  MEMBUDAYAKAN CINTA BACA

BDKSURABAYA.kemenag.go.id -  Seorang  guru perlu terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Membaca menjadi salah satu cara untuk dapat memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guru sebaiknya bisa menciptakan kondisi agar dirinya dan anak didiknya cinta membaca. Idealnya membaca  perlu menjadi sebuah budaya  pada dunia madrasah. Demikian penggalan  uraian Kepala Badan(Ka Badan)  Litbang dan Diklat Kemenag RI, Abdurrahman Mas’ud ketika memberikan materi kebijakan Diklat Teknis di hadapan 140 peserta diklat bertempat di Balai Diklat Keagamaan Surabaya  (02/08/2017).




Ketika cinta membaca yang sudah menjadi budaya di madrasah, menurut Ka Badan para anak didik pun akan  terbiasa untuk belajar mandiri. Mereka akan mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal tersebut perlu diimbangi dengan kemampuan  guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga belajar menjadi aktivitas yang dirindukan oleh anak didik. 

Menurutnya, guru juga diharapkan ikut berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan melalui  penulisan karya ilmiah yang diperoleh dari penelitian. Maka guru  perlu mempunyai semangat meneliti (spirit of inqury). Saat ini  kemampuan menulis dan melahirkan karya ilmiah menjadi sebuah keharusan karena hal tersebut menjadi salah satu tolok ukur penilaian kompetensi guru, di samping bisa dipakai sebagai pengajuan angka kredit  bagi guru.


Materi  Kebijakan Diklat Teknis tersebut  diikuti oleh Aparatur Sipil Negara dari Kankemenag Kab. dan Kota se-Jawa Timur yang berprofesi sebagai guru madrasah.(AF).