Berita


PBSDP
2017-12-13 01:28:05
TOHA: EVALUASI PASCA DIKLAT ADALAH RANGKAIAN PENTING DARI DIKLAT

BDKSURABAYA.kemenag.go.id – Evaluasi pasca diklat adalah rangkian proses dari diklat yang dilaksanakan oleh lembaga diklat, termasuk Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Kegiatan tersebut berfungsi untuk memastikan bahwa kegiatan yang dilaksankan sesuai dengan perencanaan, sehingga dengan evaluasi dapat diidentifikasi kekuatan dan kelemahan sebuah program. Karenanya, menurut Kepala Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Muchammad Toha, evaluasi pasca diklat adalah rangkaian tak terpisahkan dari diklat.”Evaluasi pasca diklat adalah rangkaian penting dari diklat,” jelasnya.











Menurutnya, evaluasi pasca diklat juga menjadi alat bagi pemimpin untuk mengetahui apakah program diklat yang dilaksanakan sesuai dengan tujuan ataukah belum. Kegiatan evaluasi diklat dalam pandangannya terdiri dari dua, yaitu evaluasi penyelenggaraan diklat dan evaluasi pengaruh diklat atau manfaat diklat  terhadap alumni peserta diklat. Dari proses evaluasi tersebut akan diperoleh saran dan  masukan demii peningkatan kualitas diklat, program diklat yang tepat sasaran dan mendapatkan informasi tentang faktor penentu keberhasilan diklat serta kendala-kendalanya.











Kegiatan diklat baginya harus memberikan outcome berupa meningkatnya kompetensi peserta diklat. Dari outcome tersebut akan diperoleh benefit yaitu  meningkatnya kinerja lembaga tempat alumni berasal, sehingga diharapkan akan memberikan impact berupa adanya citra positif lembaga sehingga lembaga semakin dipercaya masyarakat.











Pada tanggal 14 sd. 15 Desember, tim dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya telah melaksanakan evaluasi pasca diklat di 8 tempat, sedangkan tanggal 18 s.d. 27 Desember terdapat 28 tempat yang dijadikan target untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.(AF)