Berita


Redaktur Web
2018-08-20 12:21:57
PESERTA DIKLAT CALON PENGAWAS MADRASAH IKUTI STULA KE MTSN 4 SIDOARJO

BDKSURABAYA – Studi Lapangan (Stula) menjadi rangkaian proses diklat calon pengawas  yang wajib diikuti oleh peserta diklat. Dengan kegiatan tersebut diharapkan para peserta  lebih memahami fungsi sebagai seorang pengawas, terutama dalam bidang supervisi manajerial dan supervisi akademik  Karenanya, peserta Diklat Fungsional Calon Pengawas Madrasah  diajak panitia penyelenggara untuk mengikuti studi lapangan ke Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Sidoarjo yang bertempat di Tlasih, Tulangan, Sidoarjo. (20/08/2018).


Kedatangan  tim studi lapangan dengan jumlah 35 orang peserta, 3 panitia pelaksana dan 2 orang pembimbing tersebut disambut langsung oleh Kepala MTsN 4 Sidoarjo, Jumakir.  Dalam sambutannya ia menyatakan kegembeiraannya karena dikunjungi oleh peserta diklat yang berasal dari 35 Kab. dan kota se-Jawa Timur.  Ia  mempersilakan dengan terbuka kepada peserta  jika ingin melaksanakan studi lapangan dengan fokus pengawasan manajerial dan akademik.





Sedangkan perwakilan dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Rudi Haryono menyampaikan rasa terima kasih karena MTsN 4 Sidoarjo bersedia menjadi tempat studi lapangan para peserta. Secara teknis ia menjelaskan apa yang akan dilakukan peserta ketika melakukan supervisi manajerial dan akademik.


 Kegiatan supervisi dilanjutkan usai penjelasan tersebut. Peserta langsung menggali data dan informasi  sesuai dengan tuigasnya. Bagi mereka yang mendapatkan bagian untuk supervisi manajerial, langsung menemui kepala madrasah dan melakukan observasi dan wawancara, sedangkan mereka yang mendapat tugas untuk supervisi akademik langsung menuju kelas yang telah disediakan untuk mengamati proses pembelajaran.(AF).