Berita


Redaktur Web
2018-09-13 14:33:06
HILDA: MENCEGAH KONFLIK DENGAN MENJAGA HUBUNGAN BAIK

BDKSURABAYA – Menjaga hubungan baik di tempat kerja menjadi sebuah keharusan bagi seorang pegawai. Hubungan baik tidak saja akan membuat kelancaran kerja namun juga akan berdampak positif, yaitu mampu mencegah timbulnya konflik hubungan antar rekan kerja. Demikian pernyataan Hilda tentang pentingnya hubungan baik di lingkungan kerja. (13/09/2018).


Menurutnya, konflik senantiasa hadir di lingkungan kerja. Kehidupan kerja seseorang tak akan lepas dari konflik hubungan dengan rekan kerja. Meskipun dalam tingkat yang sangat rendah konflik akan berdampak positif, namun  dalam kadar yang tinggi konflik huubungan justeru akan bersifat kontraproduktif karena akan merusak hubungan kerja  dengan rekan kerja.


Ketika terjadi konflik, dalam pandangan Hilda, pasti akan tercipta suasana kerja yang tidak nyaman, serba  kaku dan kurang santai. Hal itu terjadi karena  biasanya ketika terjadi konflik, pegawai yang terlibat akan sama-sama berpegang pada egonya masing-masing. Mereka akan memegang kebenarannya sedniri-sendiri  dan beranggapan bahwa rekan kerjanya yang salah, sehingga untuk memulai hubungan baru pasca konflik akan terasa susah.


Maka bagi Hilda lebih baik mencegah konflik daripada menyelesaikan konflik. Caranya dengan menjaga hubungan baik dengan rekan kerja.Untuk menjaga hubungan interseprsonal sangat diperlukan empati dari seorang pegawai, yaitu perasaan ikut merasakan apa yang dirasakan rekan kerja. Dengan cara seperti itu, maka akan timbul sikap saling pengertian dan menghargai antar rekan kerja. Akhirnya hubugan baik bisa terjaga. (AF)