Berita


Admin Website BDK Surabaya
2016-11-01 07:52:15

 

BDKSURABAYA.kemenag.go.id – Keberadaan tim dengan anggota yang kompak sangat dibutuhkan oleh organisasi untuk menjalankan fungsinya. Kekompakan anggota dipandang sebagai faktor kunci keberhasilan tim. Demikian juga dengan tim kepanitiaan yang dibentuk Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya. Penanganan diklat membutuhkan tim yang kompak. Beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) BDK Surabaya yang telah menagani diklat sepakat bahwa tim yang kompak sangat dibutuhkan untuk menangani diklat.

                Menurut Aziz, ASN BDK Surabaya yang telah menangani kegiatan diklat sejak tahun 2006, kekompakan anggota tim sangat dibutuhkan untuk menagani diklat. Pekerjaan tim yang sarat dengan kerja sama mengharuskan anggotanya bersikap kompak. Anggota tim yang kompak akan mempercepat penyelesaian pekerjaan. Kekompakan juga memudahkan komunikasi antar anggota sehingga ketika ada permasalahan dalam tim, hal tersebut bisa segera ditangani.

                Pernyataan serupa dinyatakan oleh Hilda, ASN BDK Surabaya yang telah menangani diklat sejak tahun 2010. Menurutnya ia bersemangat bekerja ketika semua anggota tim kompak dan memahami tugas dan fungsinya. Sebaliknya, anggota yang tak kompak justeru akan menjadi masalah bagi tim. “Saya senang Pak jika semua anggota tim kompak dan mau bekerja sama. Pekerjaan jadi ringan, tidak hanya terpusat di anggota tertentu,” ujarnya.

                Pernyataan yang tak jauh beda disampaikan oleh Anung. Menurut ASN yang telah menagani diklat sejak tahun 2009 tersebut kesuksesan diklat akan sangat ditentukan oleh kekompakan tim yang menangani. “Kekompakan menjadi kata kunci yang penting untuk kinerja tim. Tanpa hal itu tim kepanitiaan hanya akan ditangani anggota tertentu, ” tuturnya.

                Pentingnya kekompakan dalam tim juga diungkapkan oleh Tri. Menurutnya keberhasilan kerja panitia tak lepas dari kekompakan anggota yang ada di dalamnya. “Jika panitia kompak, kerja tim tak akan terbengkelai sehingga segala tugas dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal, “ ungkapnya.(AF).