Berita


Redaktur Web
2018-05-02 12:24:10
ASN BDK SURABAYA: KAMI SIAP MELAYANI MASYARAKAT

BDKSURABAYA- Sebagai pelayan publik dan pelaksana kebijakan publik, Aparatur Sipil Negara (ASN) harus siap menjadi pelayan yang baik. Jika tidak siap menjadi pelayan yang baik, maka lebh baik mengundurkan diri dari profesi sebagai ASN. Demikian rata-rata pernyataan ASN Balai Diklat Keagamaan Surabaya ketika dimintai pendapatnya tentang profesi ASN. (02/05/2018)


Menurtut Lutfi,  ASN  yang diberi tugas sebagai pengelola BMN  menguraikan bahwa ketika kita sudah memilih karir sebagai ASN, maka sejak saat itu, kita  sebenarnya telah berikrar  diri untuk menjadi pelayan yang baik. Menurutnya , menjadi pelayan masyarakat adalah pola pikir awal ketika seseorang berniat menjadi ASN. Tanpa hal itu, menurutnya  pekerjaan yang ditanganinya akan terasa menjadi beban. Namun jika sejak awal seseorang telah  memantapkan niatnya bahwa karir sebagai ASN adalah sebagai pelayan masyarkat, maka pekerjaan yang dihadapi nantinya tidak akan  terasa sebagai beban. “Kami siap melayani masyarakat, karena  ketika kita telah berikrar menjadi ASN, maka saat itu pula kita telah  komitmen untuk menjadi pelayan masyarakat. Menjadi pelayan adalah tugas mulia dan hal itu harus kita tanamkan sejak awal agar pekerjaan yang kita tangani tidak terasa menjadi beban,” tuturnya.


Pendapat yang hampir sama datang dari Iwan, ASN yang bertugas di bagian kepegawaian.  Menurutnya profesi sebagai  ASN pada dasarnya adalah pelayan publik. Jika di Balai Diklat masyarakat yang dilayani adalah peserta diklat dan  semua pemangku kepentingan dan masyarakat umum yang membutuhkan lembaga diklat. “ Profesi kita adalah sebagai pelayan masyarakat di bidang kediklatan, yaitu  semua pemangku kepentingan dan masyarakat umum yang berkaitan dan membutuhkan jasa layanan lembaga. Kami  siap melayani masyarakat karea  hl itu telah jadi profesi pilihan kami, jika tidak siap melayani lebih baik mengundurkan diri sebagai ASN“ ujarnya.


Pernyataan serupa juga  datang dari ASN yang tak mau disebutkan namanya bahwa karir pilihan sebagai ASN adalah sebagai pelayan yang siap bekerja untuk melayani, bukan dilayani.


Rata-rata ASN sepakat bahwa  pelayanan yang diberikan kepada masyarakat adalah pelayanan total sehingga masyarakat akan terasa puas dan mereka tetap  memberikan kepercayaan pada lembaga diklat. (AF).