Berita


PBSDP
2017-07-19 13:47:07
MENINGKATKN MUTU MADRASAH MELALUI EDM

BDKSURABAYA.kemenag.go.id -  Saat ini pendidikan di madrasah semakin diminati masyarakat. Animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di madrasah semakin meningkat seiring dengan peningkatan mutu madrasah.  Salah satu cara untuk melihat mutu madrasah adalah dengan melaksankan evaluasi diri madrasah (EDM). Hasil dari EDM akan memberikan gambaran yang utuh tentang madrasah.



Menurut Sutowijoyo, yang mengajar materi EDM  pada Diklat Pembentukan Jabatan Pengawas di Balai Diklat Keagamaan Surabaya,  EDM adalah sebuah evaluasi internal yang menyeluruh terhadap  madrasah  yang dilakukan oleh pemangku kepentingan madrasah  yang bertujuan untuk mengetahui kinerja madrasah dengan tolok ukur Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP) selanjutnya menganalisis  kelemahan dan kekuatannya agar  dapat dijadikan dasar dalam Rencana Kerja Madrasah (RKM) dan Rencana Pengembangan Madrasah (RPM). Dengan EDM tersebut menurutnya  madrasah akan mampu  mencapai peningkatan mutu madrasah secara berkelanjutan (19/09/2017).



Dalam penjelasan Sutowijoyo, evaluasi tersebut adalah evaluasi internal sehingga dilakukan oleh dan untuk madrasah. Namun hal tersebut bukan hanya menjadi tanggung  jawab kepala madrasah sebagai pemimpin tunggal di madrasah, melainkan menjadi kewajiban semua pemangku kepentingan, yaitu  kepala madrasah, guru, komite sekolah dan wali murid di bawah bimbingan pengawas.



Untuk melakukan penilaian terhadap madrasah, maka perlu adanya instrumen. Instrumen tersebut mencakup instrumen yang ada pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang terdiri dari  8 Standar Sarana dan Prasarana, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Standar Pembiayaan.



Hasil analisis dari instrumen tersebut akan dapat menggambarkan kinerja madrasah pada saat ini. Peningkatan mutu madrasah pun dapat dilakukan dengan meningkatkan sisi yang kurang pada 8 standar yang ada. (AF).