Berita


Admin Website BDK Surabaya
2017-01-20 08:51:27
ASN PERLU MEMILIKI  NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN

BDKSURABAYA.kemenag.go.id – Nilai-nilai kewirausahaan perlu dimiliki oleh Aparatur Sipil Negara (ASN). Dengan memiliki nilai-nilai tersebut kinerja mereka akan mengalami percepatan. Sebuah lembaga dengan jiwa kewirausahaan yang tinggi pada pegawai biasanya hal tersebut akan memicu kemajuan organisasi. Demikian pernyataan ASN Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya ketika dimintai pandangannya.


            Menurut Sayyidah, ASN yang bertugas sebagai Pengevaluasi Program, nilai-nilai kewirausahaan sangat diperlukan bagi ASN apalagi di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Kegiatan yang padat di BDK Surabaya sangat membutuhkan nilai-nilai kewirausahaan. Nilai pantang menyerah, ulet, optimis dan bersedia bekerja di bawah tekanan yang menjadi nilai- nilai yang mendasari keberhasilan seorang wirausaha, dalam pandangan  Muthi’ah perlu ada pada diri ASN. Dengan nilai-nilai tersebut dapat diprediksi kinerja ASN akan meningkat sehingga kinerja lembaga akan meningkat juga.


            Pandangan yang hampir sama datang dari Hilda, Pengelola Humas dan Protokol. Menurutnya akan sangat ideal jika ASN mempunyai jiwa wirausaha. Seorang wirausaha yang mempunyai etos kerja yang tinggi akan senantiasa berjuang untuk mencapai tujuannya. Etos kerja tersebut perlu dimiliki oleh ASN di BDK Surabaya. Tanpa hal itu, kegiatan yang ada bisa terhambat, bahkan akan banyak permaslahaan yang muncul jika etos kerja tersebut tidak ada pada diri ASN. Misalnya, tidak selesaianya laporan atau terlambatnya pembuatan laporan kegiatan juga berawal dari etos kerja yang rendah pada pegawai.


            Menurut pendapat Aziz , Penyusun Bahan Siaran dan Pemberitaan, nilai-nilai kewirausahaan menjadi nilai-nilai penting bagi ASN. Mempunyai nilai-nilai kewirausahaan bukan berarti menganggap lembaga sebagai badan usaha atau bagaimana memperoleh penghasilan yang optimal dari lembaga, namun lebih mengarah pada bagaimana seorang ASN mampu mengambil dan menerapkan nilai-nilai kewirausahaan sebagai nilai-nilai yang mendasarinya dalam bekerja. Optimisme, pemikiran positif, pantang menyerah, ulet dan kreatif menurutnya adalah nilai-nilai yang dimiliki seorang wirausaha yang sangat berguna bagi peningkatan kinerja seorang pegawai.


            Pentingnya implementasi nilai-nilai wirausaha bagi ASN juga disampaikan oleh Syaifudin, Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa. Baginya   etos kerja seorang wirausaha yang sarat dengan nilai-nilai optimisme, kreativitas, tanggung jawab dan semangat pantang menyerah patut ditiru dan diimplementasikan oleh ASN. Dengan nilai-nilai tersebut ASN akan bersikap kreatif,, proaktif dan sadar akan tugas dan tanggung jawabnya. Pada akhirnya kinerja lembaga akan meningkat sejalan dengan peningkatan kinerja ASN yang ada di dalamnya. (AF).