Berita


Redaktur Web
2019-02-20 16:29:01

BDKSURABAYA – Di hadapan 105 peserta Diklat yang diselenggarakan di Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Kepala Badan Litbang dan Diklat (Balitbangdiklat) Kementerian Agama RI, Abdurrahman Mas’ud menyampaikan pesan bahwa untuk menjadi guru yang professional, setidaknya mereka harus mempunyai 3 kompetensi, yaitu mastering (ahli di bidangnya) , motivating (mampu memotivasi) dan loving (mencintai). Ketiga kompetensi tersebut menurutnya  perlu dimiliki guru agar mereka dapat merubah karakter anak didik.(20/02/2019).


Dalam pandangannya, menjadi guru harus ahli di bidangnya (mastering) agar pengetahuan yang diberikan kepada anak didiknya mampu meningkatkan, pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan perilaku.


Guru juga harus  mempunyai kemampuan untuk memotivasi (motivating). Kemampuan tersebut menurut Kepala Balitbangdiklat sangat penting bagi guru karena akan berpengaruh positif pada semnagat siswa untuk mengikuti proses pembelajran dan  meningkatkan kemampuan anak didik dalam memahami pelajaran. Sebelum memotivasi orang lain, dalam diri guru juga harus punya antusiasme, penuh energi dan inisiatif yang tinggi. Sifat-sifat tersebut yang mendasari guru agar ia mampu memotivasi anak didiknya.


Kompetensi ketiga yang perlu dimiliki oleh guru dalam pandangan Kepala Balitbangdiklat adalah guru harus bisa mencintai (loving). “Anak didik perlu diperlakukan seperti anaknya sendiri,” tegasnya.  Guru mempunyai kepedulian dan mampu menunjukkan rasa sayangnya pada anak didik.


Di samping tiga kemampuan tersebut, ada sikap lain yang perlu diusahakan guru yaitu mendo’akan anak didiknya. “Jika sikap-sikap pendidik seperti itu, maka gampang dalam mendidik. Anak didik perlu dido’akan agar mereka menjadi well motivated” ujar Kepala Balitbangdiklat.


Pesan-pesan penting tersebut disampaikan Kepala Balitbangdiklat saat ia memberikan materi Peningkaan Kualitas  Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan di hadapan peserta Diklat Teknis Substantif  Ujian nasional (UN)  IPA MTs Angkatan I dan II serta DTS Bahasa Inggris Madrasah Aliyah (AF).