Berita


Redweb
2018-01-18 11:31:06
SYAIFUDIN: KITA HARUS SADAR OUTPUT

BDKSURABAYA –  Setiap pegawai  mempunyai output yang berupa hasil pekerjaan. Output  tersebut menunjukkan  kualitas kinerja dari seseorang.  Bisa jadi output selanjutnya akan menjadi bahan dari pekerjaan rekan kerjanya jika pekerjaan tersebut saling berkaitan. Karenanya, idealnya setiap pegawai sadar akan outut pekerjaannya. Demikian penjelasan Moh. Syaifudin, ASN Balai Diklat Keagamaan Surabaya ketika dimintai pandangannya tentang kesdaran akan output pekerjaan. (18/01/2018).



Ia melanjutkan bahwa output terkait dengan kualitas pekerjaan. Jika pegawai sadar akan outputnya maka ia akan sebaik mungkin memprhatikan kualitas pekerjaannya , apalagi pekerjaan tersebut akan dinilai orang lain, atau menjadi bahan pada pekerjaan rekan kerjanya. Di samping itu, kesadran tersebut juga akan memacu pegawai untuk menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu.”Kita harus sadar output,” ujar Syaifudin.



Baginya output yang bersifat individual tersebut pada akhirnya akan berimbas pada kinerja organisaasi karena kinerja organisasi adalah kumpulan dari kinerja pegawai secara individual dengan tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Jika output individual kurang baik, sangat dimungkinkan output organisasi yang berujud kinerja  organisasi juga akan terganggu atau kualitasnya tidak sesuai standar.



Maka, menurutnya kesadaran akan output pekerjaan perlu  menjadi perhatian dari setiap pegawai. Kesadaran tersebut akan lebih melekat pada pegawai ketika senantiasa ada dorongan dari pemimpin  dan contoh yang baik dari seorang pemimpin dalam sebuah lembaga. (AF).